Kegiatan Produktif Selama Ramadhan yang Bisa Dilakukan oleh Mahasiswa LP3I

shares |

Hi, sobat LP3I ! Bagaimana puasamu hari ini? Masih semangat kan untuk menjalankan hari-harimu di kampus tercinta? Ingat, “Dua nikmat yang banyak manusia tertipu dalam keduanya, yaitu nikmat sehat dan waktu luang.” (HR. Bukhari).
Kamu jangan sampai tertipu ya! Apalagi soal waktu luang. Yuk produktif! Produktif artinya melakukan berbagai hal kegiatan positif yang bermanfaat dan menghasilkan sesuatu.
Kegiatan produktif apa saja ya yang dapat kamu lakukan selama Bulan Ramadhan di kampus UNJ? Wah banyak banget lho! Cek deh! Semoga bermanfaat

Belajar Buat UAS


“Bersemangatlah atas apa yang bermanfaat bagimu, minta tolonglah pada Allah SWT, janganlah engkau lemah.” (HR. Muslim)
Ayo semangat! Salah satu kegiatan produktif yang bisa kamu lakukan selama Bulan Ramadhan adalah belajar buat UAS. Dari pada nongkrong-nongkrong gak jelas, sambil ngobrol ngalor ngidul, mending belajar buat UAS yuk! Biar nilai kamu bagus di KHS nanti

Berburu Referensi ke Perpustakaan


“Katakanlah, apakah sama antara orang yang mengetahui dengan orang yang tidak tahu.” (Qs. Az Zumar: 9)
Ternyata Bulan Ramadhan ini adalah masa-masa perjuangan para mahasiswa tingkat akhir juga. Ada yang mau SPS, bahkan ada juga yang sebentar lagi mau sidang skripsi. Wah seru banget pastinya! Perjuanganmu disaksikan oleh bulan yang berkah. Yuk lakukan hal produktif seperti berburu referensi atau lanjutkan skripsimu di perpustakaan. Perpustakaan kita nyaman banget lho!

Tilawah di Kampus


“Dan firman-Nya: Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al-Kitab (Al Quran)… “(QS. Al Ankabut: 45).
Akan ada banyak waktu yang dapat kamu manfaatkan sebaik-baiknya untuk melakukan kegiatan produktif di kampus, salah satunya adalah tilawah. Bawa Al-Qur’an selalu di tasmu ya, agar kapanpun dan dimanapun kamu berada, kamu bisa melakukan tilawah. Misalnya menunggu dosen untuk bimbingan, kamu bisa menghabiskan waktu sambil menunggu dengan tilawah. InsyaAllah, produktif banget

Iftaar Bersama Anak-anak Yatim


“Barang siapa meletakkan tangannya di atas kepala anak yatim dengan penuh kasih sayang, maka Allah akan menuliskan kebaikan pada setiap lembar rambut yang disentuh tangnnya. (HR. Ahmad)
Banyak banget kegiatan produktif yang bisa kamu lakukan bersama teman-teman mahasiswa LP3I lainnya. Salah satunya iftaar bersama anak-anak yatim.
Biasanya kalau Bulan Ramadhan, OPMAWA atau ORMAWA LP3I sering iftaar alias bukber. Selain untuk mempererat silahturahim, kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk bukber anak-anak yatim. Berkah, insyaAllah. Gak cuma bukber, kamu bisa ngebuburit juga bersama mereka, seperti mendongeng, mengaji, belajar sambil bermain, dan masih banyak hal lainnya.

Bakti Sosial


Mau kegiatan yang produktif dan bisa memberikan manfaat? Salah satunya kegiatan bakti sosial. Kamu dan teman-teman mahasiswa LP3I lainnya, bisa banget gotong-royong mulai dari merancang acara sampai mencari donasi untuk melakukan bakti sosial. Sasarannya? Bebas. Yang penting bisa bermanfaat. Lokasinya? Gak usah jauh-jauh, di sekitaran LP3I banyak yang membutuhkan pertolonganmu.
“Manusia yang paling dicintai oleh Allah adalah yang paling memberikan manfaat bagi manusia. Adapun amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah membuat muslim yang lain bahagia, mengangkat kesusahan dari orang lain, membayarkan utangnya atau menghilangkan rasa laparnya. Sungguh aku berjalan bersama saudaraku yang muslim untuk sebuah keperluan lebih aku cintai daripada beri’tikaf di masjid ini, Masjid Nabawai.” (HR. Tharbani)

Menulis


“Ikatlah ilmu dengan tulisan.” (HR. Hasan)
Menulis adalah salah satu kegiatan produktif yang mampu membunuh waktu luangmu. Kamu bisa memanfaatkan waktu dengan menulis, mulai dari menulis skripsi, tugas, esai, ataupun blog. Pokoknya bisa menghasilkan karya  Lokasi menulis bebas dimana saja. Bisa di pelataran MNI, musholla, koridor kelas, perpustakaan, dan masih banyak lagi lainnya. Menulis merupakah salah satu cara untuk bisa berdakwah, lho! Yuk manfaatkan waktu produktifmu dengan menulis!

Mengapa kita harus melakukan kegiatan-kegiatan produktif? Karena di hari kiamat nanti kita akan ditanya lima hal. Resapi baik-baik hadist berikut ini:
Dalam sebuah riwayat hadist, “Kaki anak Adam tidaklah bergeser pada hari kiamat dari sisi Rabb-Nya sehingga ditanya tentang lima hal; tentang umurnya untuk apa dia habiskan, tentang masa mudanya untuk apa dia pergunakan, tentang hartanya dari mana dia peroleh dan kemana dia infakkan dan tentang apa yang telah dia lakukan dengan ilmunya.” (HR. Tirmidzi)
Masih mau santai-santai aja di bulan berkah ini? Nggak dong ya! Yuk produktif!


ARFAN FAIZAL AP 203

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar