5 Tips Karir Untuk Yang Baru Masuk Dunia Kerja

shares

5 Tips Karir Untuk Yang Baru Masuk Dunia Kerja





Halo, para fresh graduate. Udah wisuda? Udah kirim-kirim lamaran? Atau malah udah dapet kerja?
Kalau udah, selamat, ya!
Sesuatu yang baik harus diawali dengan baik juga. Jadi sekarang saya mau berbagi tips karir yang perlu kamu perhatikan sebagai fresh graduate, agar karir kamu nggak hanya sukses di tahun pertama, tetapi sampai bertahun-tahun ke depan.
Berdasarkan observasi saya selama 14 tahun bekerja (termasuk merekrut fresh graduates kayak kamu), berikut adalah 5 hal yang perlu kamu lakukan di awal karirmu.
1. Be flexible. Titel pekerjaan kamu nggak berarti apa-apa!
Jangan kaget kalau titel kamu nggak sesuai dengan tugas dan tanggung jawab pekerjaan!
10-15 tahun lalu, dunia didominasi oleh perusahaan-perusahaan konvensional yang umurnya udah puluhan bahkan ratusan tahun. Job roles dan career path di perusahaan-perusahaan tersebut udah serba mature dan teratur, sehingga titel dan tugas para karyawannya jelas.
Beda banget dengan jaman sekarang. Hari gini, startup mulai mendominasi dunia. Ini adalah eranya perusahaan-perusahaan seperti Uber, Airbnb, Gojek yang 2-3 tahun lalu mungkin belum ada, tetapi sekarang udah melejit banget.
Perusahaan-perusahaan seperti ini jadi sukses karena mereka fleksibel, cepat beradaptasi dan cepat menangkap kesempatan. Jadi, kalau kamu masuk ke perusahaan seperti itu, kamu juga akan dituntut untuk fleksibel (baca: mau—dan bisa—mengerjakan segala macam pekerjaan).
Jadi jangan kaget kalau kamu berstatus sebagai Account Executive di sebuah agensi periklanan, tetapi kamu juga diminta ngumpulin data untuk persiapan pitching, bikin presentasi, bikin laporan, sampai diminta mendampingi klien shooting iklan sampai tengah malem. Pokoknya kerjaannya nggak nyambung!
Banyak anak muda yang ngeluh dan akhirnya resign kalau harus kerja dengan pola seperti ini. Terserah aja, sih, tapi pada akhirnya, orang-orang yang sering ngeluh karirnya akan mandek.
Sebaliknya, mereka yang gigih dan mau terima kerja apa aja akan lebih cepat sukses. Dunia kerja emang kejam, bung! So, just enjoy it. Anggep aja ini masa Ospek #malesye #tapiharus
2. Jangan pasrah aja kalau pekerjaan kamu nggak sesuai passion.
Banyak fresh graduate yang nyari kerja ala kadarnya. Yang penting dapat kerja.
Sebisa mungkin, sih, jangan begitu ya. Masalahnya, kalau kamu bekerja dengan setengah hati karena pekerjaannya nggak sesuai minat, kamu akan cepat kesalip pegawai lain yang lebih passionate.
Kamu terlanjur bekerja di perusahaan yang kurang sreg di hati? Jangan takut untuk move on dan cari pekerjaan yang lebih sesuai, ya. Kalau kamu passionate dengan pekerjaan kamu, kamu akan lebih produktif, lebih hepi, dan lebih cepat sukses. Life is too short to settle for a career that you hate!
3. Fokus untuk membuat perubahan dengan cepat
Baru masuk kantor baru? Jangan nunggu disuruh dulu, baru bergerak! Soalnya, senior dan bos kamu pasti sibuk ngurusin ini-itu, sehingga mereka sering nggak punya waktu untuk mengorientasi serta ngasih kamu kerjaan.
Trus, apa solusinya? Luangkan beberapa hari untuk observasi di kantor, sambil mempelajari ruang lingkup pekerjaan serta tanggung jawab kamu. Kemudian coba proaktif tawarkan bantuan kamu ke para senior atau bos. Semakin cepat kamu proaktif, semakin baik.
Sejujurnya, nih, sebagian besar orang di kantor menganggap anak baru, tuh, ngerepotin, karena harus diajarin ini-itu. Makanya jangan jadi si anak bawang yang pasif dan nggak punya inisiatif, ya. Jadilah si anak baru yang proaktif berkontribusi. And do it immediately after you landed on your new job!
4. Habiskan lebih banyak waktu dengan orang, bukan gadget.
Jaman sekarang, kebanyakan orang sibuk dengan komputer atau gadget mereka seharian, tanpa banyak berinteraksi dengan manusia lain di kantor.
Coba, deh, lebih sering tinggalin laptop dan gadget kamu, lalu berinteraksi dengan orang-orang di kantor kamu. Entah untuk sekedar ngobrol ringan ataupun diskusi soal pekerjaan. Dengan catatan, pekerjaan kamu di komputer udah beres, yaa…
Pegawai fresh graduate yang cepat sukses adalah mereka yang punya kemampuan interaksi dan bersosial yang bagus. Senang, lho, ngeliat anak baru yang mau nggak ansos, mau bersosialisasi dan proaktif tanya ini-itu. Lagipula, kalau kamu rutin nanya-nanya—asalkan nanyanya pake manner dan nggak gengges, ya—berarti kamu peduli dan mau belajar.  Nambah lagi, deh, nilai plus kamu!
5. Agar sukses dilirik HRD, kamu butuh pengalaman kerja saat masih kuliah atau minimal pernah ikut berbagai organisasi.

http://www.youthmanual.com/post/dunia-kerja/inspirasi/5-tips-karir-untuk-yang-baru-masuk-dunia-kerja

NAMA : NURSANIH
KELAS : AP04

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar