Begini tata krama bergaul dengan orangtua dari teman anak-anak Anda

shares |

  • Dalam keseharian anak-anak bergaul dengan banyak orang, termasuk dengan teman-temannya di sekolah. Sebagai orangtua Anda wajib memantau aktifitas mereka dan dengan siapa saja mereka berkawan agar jangan sampai salah memilih teman. Namun, sebagai orangtua Anda tidak bisa bekerja seorang diri. Untuk memastikan lingkungan pergaulan anak-anak aman, dibutuhkan kerjasama yang baik dengan seluruh orangtua teman-teman mereka.
    Akan tetapi perlu diingat, hubungan di antara para orangtua kadang tidak selamanya berjalan harmonis. Oleh sebab itu ketika muncul gesekan Anda perlu berhati-hati dan bersikap dewasa supaya permasalahan yang sedang dihadapi tidak semakin rumit. Berikut beberapa tata krama bergaul dengan orang tua sahabat anak, yang sebaiknya Anda ketahui.

  • 1. Luangkan waktu untuk saling mengenal

    Meluangkan waktu berinteraksi dengan para orangtua seringkali menjadi kendala utama. Selain itu, akibat kurang bersosialisasi membuat suasana pertemuan kadang terasa sedikit kikuk. Akan tetapi semua hanya bersifat sementara. Ketika sudah saling mengenal, maka persahabatan Anda dengan para orangtua dari anak-anak akan terjalin lebih mesra.
  • 2. Perlakukan mereka secara istimewa

    Perlakukan orangtua dari sahabat anak Anda secara istimewa, undang mereka untuk berkunjung ke rumah Anda dan berikan sambutan yang baik. Berikan pujian dan sebisa mungkin hindari saling menonjolkan kelebihan agar persahabatan tetap terjalin dengan baik.
  • 3. Temukan kesamaan

    Berusahalah menemukan kesamaan di antara Anda berdua, contoh: Anda memiliki hobi mancing dan ternyata orangtua dari sahabat anak Anda juga memiliki kegemaran yang sama. Hal ini tentu akan mendekatkan kalian karena memiliki kesukaan yang sama.
  • 4. Hindari menceritakan keburukan orang lain

    Hindari saling membicarakan keburukan orang lain, sadari bahwa di dunia ini tidak ada seorangpun yang sempurna. Ketika mampu melakukanya, Anda telah dapat meminimalisir kemungkinan menyinggung perasaan mereka.
  • 5. Hindari hutang piutang

    Hutang piutang kerap menjadi sumber retaknya persahabatan yang sudah terjalin dengan baik. Ketika Anda membutuhkan bantuan finansial sebaiknya cegah untuk meminjam dari orangtua sahabat anak Anda. Berusahalah semampu mungkin untuk mencukupi kebutuhan sendiri. Jika memang terpaksa harus meminjam, maka tepati janji Anda untuk mengembalikannya tepat waktu.
  • 6. Selalu berpikir positif

    Hindari sebisa mungkin memiliki pikiran-pikiran negatif seperti rasa curiga, iri, dengki, cemburu, dan sebagainya. Anda harus mampu menempatkan pikiran-pikiran positif di atas segalanya, sehingga hubungan di antara para orangtua senantiasa terjaga dengan baik.
  • 7. Bersikaplah terbuka, jangan menutup diri

    Jadilah pribadi yang memiliki pikiran terbuka, perbaharui selalu informasi yang Anda miliki dan jangan menutup diri dengan perubahan-perubahan yang terjadi di sekeliling Anda. Dengan demikian Anda akan menjadi pribadi yang sangat menyenangkan.
  • 8. Jadilah pendengar yang baik

    Mungkin orangtua dari sahabat anak Anda sedang menghadapi problem rumah tangga. Sebagai sahabat yang baik Anda harus mampu menjadi pendengar dan berikan bantuan semampu yang Anda bisa.
  • 9. Tanyakan kabar mereka

    Untuk menunjukkan kepedulian Anda tidak perlu menunggu waktu yang tepat. Anda bisa sekedar menanyakan kabar dengan cara mengunjungi atau menelepon mereka, atau berikan buah tangan berupa makanan ringan dan buah-buahan.
  • 10. Saling toleransi

    Berbagai latar belakang dimiliki oleh sahabat anak-anak Anda, tidak hanya perbedaan agama tetapi mungkin juga suku, status sosial dan golongan. Perbedaan-perbedaan tersebut janganlah dijadikan sebagai jurang pemisah untuk bisa menunjukkan persahabatan terhadap satu sama lain. Anda pun harus demikian!

    sumber : https://keluarga.com/4232/keluarga/begini-tata-krama-bergaul-dengan-orangtua-dari-teman-anak-anak-anda

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar