shares

Cara Membangkitkan Semangat dan Motivasi Belajar pada Mahasiswa


Kuliah merupakan idaman bagi para pelajar. Menjadi seorang mahasiswa merupakan kebanggaan tersendiri karena bisa melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Kebanyakan orang berpendapat, bahwa kuliah adalah solusi untuk memperoleh masa depan yang lebih baik, karena pendidikan merupakan salah satu solusi untuk memperbaiki kehidupan. Sebelum menjadi mahasiswa, seorang  pasti memiliki semangat dan motivasi yang membara jika mendapatkan Universitas yang di inginkan. Motivasi adalah proses yang memberi  semangat, arah dan kegigihan perilaku. Artinya perilaku yang termotivasi adalah perilaku yang penuh energi, terarah dan bertahan lama. Tanpa motivasi, seseorang tidak memiliki dorongan yang kuat untuk melakukan sesuatu.
Bagi mahasiswa baru masih memiliki semangat yang tinggi untuk mengikuti perkuliahannya yang pertama. Namun, semangat tidak selamanya membara saat mahasiswa sudah cukup lama berkuliah, terkadang naik dan terkadang turun. Kehidupan itu seperti roda berputar, terkadang diatas dan terkadang dibawah. Kebanyakan mahasiswa tidak bersemangat karena beberapa alasan, seperti dosennya memberikan tugas-tugas yang berlebihan atau merasa bosan dengan mata perkuliahannya. Bahkan, disaat dosen perkuliahannya tidak bersahabat atau mahasiswa menjulukinya dengan sebutan dosen ‘killer’, semangat mahasiswa memudar dan memutuskan untuk membolos kuliah.
Pernahkah Anda mengalami hal seperti itu? Oleh karena itu, seorang mahasiswa harus bisa membuat cara belajar yang menyenangkan bagi dirinya sendiri, seperti membuat catatan-catatan penting pada buku file yang digunakan untuk perkuliahan dengan menggunakan spidol atau pulpen berwarna, karena dengan warna-warna dikertas tersebut dapat menarik minat mahasiswa untuk membaca dan mengingatnya. Sesungguhnya tugas-tugas yang diberikan dalam perkuliahan adalahsebuah kewajaran, bukan paksaan atau hukuman, melainkan untuk memberikan dorongan semangat dalam menjalani perkuliahan tersebut.
Bagaimana cara agar semangat kita tidak turun secara drastis ketika kehidupan roda kita berada dibawah? Caranya dengan mengungkapkan kalimat motivasi dan tulis di karton atau kertas dengan menggunakan spidol berwarna dan menempelkannya di tempat yang mudah terlihat, sehingga mampu mengobarkan kembali sebagian semangat yang hilang dalam diri Anda.
Seorang mahasiswa harus mempunyai tujuan dan tekad yang kuat, sehingga  mahasiswa tidak akan merasa bosan dan bisa mengikuti perkuliahan dengan bersemangat. Mahasiswa juga harus bisa membuat poin-poin penting untuk memotivasi diri, seperti apa yang sebenarnya Anda inginkan, untuk apa Anda melakukan hal itu, dan apa yang Anda peroleh jika melakukan hal tersebut.
Contoh poin penting yang harus diingat oleh mahasiswa dalam membangkitkan semangat berkuliah:
1.   Saya disini untuk kuliah dan saya harus melakukannya yang terbaik apapun hasilnya. Jika hasilnya memuaskan, saya pertahankan hasil itu dan jika hasilnya tidak memuaskan, saya akan meningkatkannya agar lebih baik lagi. Jangan takut untuk terus maju.  Selalu pelajari setiap kesalahan yang ada dan buat hari esok menjadi lebih baik dari hari-hari sebelumnya.
2.   Setiap malam belajar minimal 1½ jam dan selalu mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh.
3.   Berjuang IPK harus di atas 3.
4.   Buatlah setiap matakuliah menyenangkan dan hindari rasa bosan. Hindari ansumsi negatif tentang dosen perkuliahan dan tetap mengikuti perkuliahan walaupun dosennya tidak bersahabat.
5.   Selalu berdoa kepada Allah dan selalu meminta doa restu orangtua.


sumber : http://blognyamanjp12.blogspot.co.id/2012/12/cara-membangkitkan-semangat-dan.html

nama : nursanih
kelas : ap4

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar