Cara Mengatur Waktu Kuliah Sambil Kerja

shares |


Foto Kuliah vs Kerja

Cara bagaimana mengatur antara waktu kuliah sambil kerja, bukanlah perkara mudah! Lantas apa yang harus dilakukan untuk bisa membaginya?

Saat ini banyak bisa dilihat mahasiswa dan mahasiswi yang kuliah sambil bekerja namun susah untuk mengatur waktunya, karena pembagian waktu antara kuliah dan pekerjaan yang dihadapinya tidak mendukung.
Memang benar kuliah sambil bekerja bukanlah perkara mudah banyak yang tenggelam dari ketidaksanggupan untuk mengatur waktu hingga ada yang menjadi korban, entah putus kuliah ditengah jalan atau berhenti dari pekerjaannya.
Sebelum memutuskan untuk kuliah, seorang pekerja harus mempertimbangkan banyak hal. Khususnya ketersediaan waktu dan keleluasaannya dalam mengatur waktu. Soal alokasi waktu, saat ini banyak kampus yang membuka kelas malam atau kelas sabtu dan minggu sehingga memberi kemudahan bagi para pekerja, tapi itu saja belum cukup membantu. WPDC punya cara agar kamu dapat membagi waktu dalam mengatur keduanya, check this out.
Sesuaikan jadwal
Kamu harus pikirkan baik-baik dimana kamu nanti akan kuliah, lihat jadwal dan sistem perkuliahannya seperti apa. Saat baru mulai kerja sebaiknya kamu jangan langsung untuk memutuskan kuliah terlebih dahulu walaupun sudah ada niat untuk kuliah, apalagi status kerja masih sebatas karyawan kontrak. Rencanakan dengan matang barulah kemudian sesuaikan dengan jadwal kerja yang sudah ada, sehingga kelak tidak menggangu jadwal dari masing-masing aktivitas.
Pengaturan waktu
Buatlah jadwal kegiatan kamu sebaik mungkin saat bekerja dan usahakan kamu bisa pulang on time untuk mengikuti perkuliahaan. Tanamkan di dalam diri kamu prinsip kerja keras, karena tujuan kuliah juga merupakan investasi di masa yang akan datang, jadi jangan sia-siakan waktu kamu untuk hal yang tidak terlalu berguna.
Profesional
Kamu berstatus mahasiswa, lakukan kewajiban kamu sebagai mahasiswa dengan baik. Jika ada tugas jangan diambil pusing hingga mempengaruhi kinerja kamu sebagai pekerja, kerjakanlah dengan seluruh kemampuan yang kamu punya. Sebaliknya ketika ada masalah dalam pekerjaan kamu, jangan libatkan hal tersebut kedalam perkuliahaan, selesaikan lah urusan kerjaan di kantor jangan dibawa saat sedang menuntut ilmu.
Tentukan prioritas
Jika perkuliahan sedang dalam kondisi yang aman dan sedang tidak banyak tugas, kamu bisa utamakan pekerjaan kantor. Namun, jika waktunya ujian kuliah yang memerlukan konsentrasi banyak kamu harus bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik jangan sampai tertunda atau bahkan bisa meminta bantuan terhadap sesama rekan kerja untuk meringankan setidaknya sedikit pekerjaan kamu. Sebagai gantinya tidak ada salahnya kamu memberikan sesuatu terhadap rekan kerja jika memang menggunakan jasa pertolongan mereka, ini berfungsi sebagai simbiosis mutualisme.
Mengerjakan dua aktivitas sekaligus memanglah tidak mudah, dibutuhkan semangat dan motivasi yang tinggi untuk bisa menjalani keduanya dengan baik. Kuliah sambil kerja atau kerja sembari kuliah (sama saja) merupakan sebuah ibadah, jadi jalani dengan tulus maka semua bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk hidup kamu. Jadi, tetap semangat buat kamu yang sedang menjalani kedua aktivitas hebat itu.

 sumber :http://waktupulang.com/2014/09/04/cara-mengatur-waktu-kuliah-sambil-kerja/

Muhammad Abdul Azis
AP 205


Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar