Tips Belajar yang nyaman

shares |


Tips Agar Menjadi Pintar


Ane bikin postingan ini bukan berarti ane pinter loh ya… ini ane buat semata-mata untuk memotivasi diri sendiri dan semoga bermanfaat buat mas brow dan mba’ brow.

Sebelumnya ane boleh curhat dikit kan? hehehe… Jujur, semenjak ane masuk kuliah ane selalu dapet IP (indek prestasi) 2 koma sekian. Lalu ane mikir, “gimana ya biar dapet IP 3?”. Banyak cara ane gunakan, dan akhirnya pada smester 6 ane berhasil meraih IP 3,8. waooww.. Alhamdulillah ya, Sesuatu banget. hehehe… mau tau cara yang ane lakukan? Cekidot.

Ane selalu Berusaha Memahami Bukan Menghafal :

 

Fungsi utama kenapa kita harus belajar adalah agar kita faham dengan sesuatu yang baru. Nah, kalo kita udah faham maka kita akan mudah untuk memberi asumsi sendiri tanpa terpatok pada kata-kata di dalam buku. untuk memahami penjelasan dari dosen, ane selalu memperhatikan gerak mulut beliau. Jika yang ngajar dosen cantik, tolong jangan berfikir yang nggak-nggak ya mas brow. hehe..  

Membaca adalah kunci belajar : 

Supaya bisa paham, ane membaca  materi baru dua kali dalam sehari, yakni sebelum dan sesudah materi itu diterangkan oleh dosen. yah, walaupun cuman ngebaca beberapa menit doang sih. Nah, karena otak sudah mengolah materi tersebut sebanyak tiga kali jadi bisa dijamin bakal tersimpan cukup lama di otak kita.


Mencatat pokok-pokok pelajaran :

Ane tipe orang yang males nulis. biasanya ane  cuman nulis intisari atau kesimpulan dari setiap pelajaran. Kata-kata kunci inilah yang nanti berguna waktu kita mengulang pelajaran selama ujian.
   

Pilih waktu belajar yang tepat: 

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh. Soalnya kalo malem ane sering diajak plen-plen ane nongkrong di Tepian Mahakam. hehe.. Pagi hari adalah waktu dimana fikiran kita masih fresh. jadi, gunakan saat ini untuk mengolah materi-materi baru.
   

Bangun suasana belajar yang nyaman:

Banyak hal yang bisa buat suasana belajar menjadi nyaman. dalam hal ini, biasanya ane lebih milih belajar sambil dengerin lagu  yang sesuai dengan mood ane. Tempat belajar juga bisa kita sesuaikan. Kalau sedang bosan di kamar bisa di teras atau di perpustakaan. Kuncinya jangan sampai aktivitas belajar kita mengganggu dan terganggu oleh pihak lain.🙂
   

Bentuk Kelompok Belajar : 

Kalau lagi bosen belajar sendiri, ane biasa belajar bareng ama plend-plend ane. Ga usah banyak-banyak karena tidak bakal efektif, maksimal lima orang lah. Ilhami, Rony, Junaidi, dan Doni adalah plend-plen ane belajar. biasa yang kami lakukan adalah berdiskusi diselingi dengan lawakan-lawakan gokil, tujuannya biar ga bosen dan ngantuk. kalo ada hal yang ga kami ketahui, maka kami nanya ama mbah Google, lalu kami diskusikan lagi.
  

Mengembangkan materi yang sudah dipelajari: 


Biasanya ane mencoba berpikir kritis ala ilmuwan. “seh gaya bener ya bahasanya😀 ” Ane biasanya membuat beberapa pertanyaan dari materi-materi yang disampaikan oleh dosen. Lalu ane minta tolong dosen untuk menjawabnya. Kalau belum puas, ane cari jawabannya pada buku referensi lain atau internet. Cara ini mengajak kita untuk selalu berpikir ke depan dan kritis. cieeehh… hahaha…
   

Sediakan waktu untuk istirahat: 

Belajar boleh kencang, tapi jangan lupa untuk istirahat ya.

Satu lagi, Pandai-pandailah mengambil hati Dosen. Bersikap sopan, menghargai, membatu beliau, traktir beliau makan, pokoknya pinter-pinter mas brow dan mbak brow aja deh gimana enakya… hehe

Sumber : https://sapiderman.wordpress.com/2011/11/20/305/

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar