Tips Memilih Barang Elektronik

shares |

Membeli barang elektronik, memang kelihatan mudah. Apalagi jika barang elektronik yang akan di beli adalah barang elektronik baru. Anda hanya perlu datang ke toko elektronik ataupun pasar barang elektronik. Namun, meski kelihatan mudah Anda tetap harus jeli saat membeli. Karena, barang elektronik susah ditebak, bisa jadi barang elektronik baru yang Anda beli tidak bertahan lama.

Saat barang elektronik kesayangan Anda rusak, pastinya ini sangat menjengkelkan. Apalagi jika produk elektronik tersebut, bisa dikatakan masih baru. Tentunya Anda akan sangat kecewa, marah, bahkan menimbulkan dendam dalam hati Anda. Namun, jika saja Anda jeli dalam memilih barang elektronik, tentunya kejadian seperti itu tidak perlu terjadi. Nah, berikut ini ada beberapa tips membeli barang elektronik baru yang bisa Anda coba.



1. Membeli Barang Elektronik Ternama (Merk Terkenal)
Memang, barang elektronik merk terkenal lebih mahal. Tapi, berbicara soal kualitas, biasanya barang elektronik merk terkenal lebih berkualitas. Karena, selain lebih berpengalaman dalam membuat produk, produk elektronik merk terkenal juga biasanya lebih bertahan lama. Jadi, meskipun lebih mahal, ada baiknya saat hendak membeli barang elektronik, memilih barang yang sudah punya nama / ber-merk.

2. Perhatikan Batas Garansi
Saat ini, hampir semua produk elektronik memberikan garansi. Baik merk terkenal maupun merk belum terkenal. Namun biasanya, beda produk beda pula batas garansinya. Dalam kondisi ini, pilihlah produk elektronik bermerk terkenal tapi bergaransi lama.

3. Mempertimbangkan Lokasi Layanan Servis
Selain merk terkenal dan batas garansi, yang sebaiknya Anda pertimbangkan selanjutnya adalah pusat servis produk tersebut. Ada baiknya Anda juga memilih produk elektronik yang  memiliki pusat servis terdekat. Sehingga, jika suatu saat produk elektronik tersebut bermasalah, Anda tidak perlu bingung mencari tempat servis. Selain itu, jika garansi masih berlaku, Anda tidak perlu repot-repot ke toko untuk meminta garansi. Anda bisa langsung datang ke pusat servis produk tersebut.

4. Membeli Produk Ditempat yang Menjual Banyak Produk
Ada baiknya, saat akan membeli barang elektronik, pilihlah tempat yang menjual berbagai macam produk. Dengan begini Anda bisa lebih leluasa memilih barang elektronik yang Anda inginkan.

5. Jangan Mudah Tergiur Harga Diskon
Perlu Anda ketahui, harga diskon merupakan strategi dari penjual. Jadi sebaiknya Anda tidak mudah tergiur harga diskon, perhatikan juga merk dan kualitas barang elektronik tersebut. Namun, apabila Anda sangat tertarik dengan harga diskon tersebut, bacalah buku panduan produk tersebut yang biasanya sudah di sediakan. Sehingga Anda akan tahu, kelebihan dan kekurangan produk tersebut.

6. Uji Coba
Untuk memastikan barang elektronik yang Anda pilih, sebaiknya Anda lakukan uji coba. Cek semua fitur dan kelengkapan. Pastikan tidak ada cacat sedikitpun. Jika Anda menemukan cacat pada produk tersebut, dan meski hanya cacat sedikit, segera beritahu penjual atau pemandu toko. Jangan ragu untuk meminta ganti produk tersebut.

7. Jangan Malu Bertanya
Sebuah ungkapan mengatakan: malu bertanya sesat dijalan. Jika Anda memang tidak tahu tentang kualitas produk elektronik, jangan ragu untuk bertanya, ataupun meminta bantuan keluarga maupun sahabat Anda. Selain itu, tidak ada salahnya Anda bertanya di pencarian Google terkait produk elektronik yang akan Anda beli.


Demikian Tips Memilih Barang Elelktronik yang dapat Saya sampaikan. Semoga bermanfaat.



========================================================================
Sumber : http://comtelweb.blogspot.com/2015/02/tips-memilih-membeli-barang-elektronik.html
========================================================================

Nama     : Mochammad Hatta
Website  : laskitakarya.com

========================================================================

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar