11 Kalimat yang Bisa Bikin Desainer Grafis Ngelus Dada

shares |


Setiap pekerjaan ada resikonya. Mau pengelap kaca gedung pencakar langit, penambang emas, tukang kabel bawah laut, masinis, semuanya punya resiko masing-masing. Pekerjaan fisik memang terlihat punya resiko lebih besar, tapi pekerjaan yang mengandalkan kreativitas juga bisa beresiko lho. Contohnya desainer grafis gitu. Apalagi kalo udah ketemu sama klien yang nyebelin yang suka melemparkan kalimat-kalimat yang  bikin desainer grafis mengelus dada kayak begini:

1. "Kan cuma tinggal digeser aja."

 Geser doang kan

Geser juga gak bisa sembarang geser, setiap objek yang digeser itu akan mengubah komposisi dan keselarasan maka bisa dibilang kalo ngegeser sedikit maka yang lain akan ikut diubah juga biar keliatan bagus.

2. "Cuma gitu doang kok."

*Ctik!*
Gak ada yang gitu doang. Semuanya butuh pemikiran dan perencanaan. Kalo mau dibilang mah jalan kaki juga keliatannya cuma gitu doang. Padahal di dalam tuh otot dan sendi dan syaraf semuanya berkoordinasi dengan cara yang rumit. Cuma gak keliatan aja.

3. "Yang gampang aja."

Gampang
Antara perhatian sama desainernya biar gak repot, tapi juga bisa jadi ini ngeremehin desainernya. Yang gampang itu gak ada dan semuanya butuh usaha juga.

4. "Kok belum selesai juga?"

Belum selese juga?
Paling males nih kalo udah dirong-rong kayak gini. Meskipun keliatannya sederhana tapi gak bisa juga sedetik langsung kelar. Kemudian, cuma bisa sabar aja.

5. "Coba ganti merah. *setelah diganti* Eh bagusan yang tadi deng."

Gini?
Semua yang udah dibikin sama desainer grafis itu udah dengan pertimbangan. Kalo misalnya minta diganti satu misalnya ganti warna, tentu semuanya jadi harus disesuaikan juga dong. Kalo setelah itu diterima sih revisinya gak apa-apa. Yang bikin ngelus dada tuh kalo ternyata pilihan pertama itu yang lebih bagus.

6. "Cuma betulin dikit kok."

Dikit
Coba definisikan sedikit. Sedikit menurut klien gak sedikit menurut desainer grafis. Sedikit bisa berarti dirombak banyak juga.

7. "Gak usah bagus-bagus amat lah, asal aja."

Ya gak usah bagus-bagus banget lah
Mungkin maksud dari orang ini adalah, yah, bikin yang sederhana aja yang gak ribet. Intinya sih dia pengen cepet. Tapi kan namanya desainer ya pastinya mempertaruhkan nama dia di setiap karyanya kan. Masa mau bikin asal-asalan?

8. "Masih lama ya?"

Lama ya
Lagi-lagi klien gak ngerti ya kalo misalnya ngedesain itu gak mudah. Mungkin langkah-langkah bikinnya keliatan mudah, tapi kalo dijalanin itu ribet juga tau. Gak bisa sebentar.

9. "Besok udah jadi bisa kan?"

Besok ya!
Iya, pengen cepet. Ngerti kok. Kalo bisa cepet juga kerjainnya cepet deh. Tapi kalo misalnya pekerjaan yang rumit diminta untuk bisa selesai dalam waktu sebentar ya gak bisa juga.

10. "Gue lupa sih nama font-nya apa. Lu pasti lebih tau lah, kan lu desainer."

Lemes adek bang dikedipin abang
Yes, I am. Tapi... seenggaknya klien juga harus tau apa yang dia mau dan kalo mau ngaduk-ngaduk koleksi font, wah, bisa sampe lebaran taun depan baru kelarnya. Ya kalo bisa kasih referensi kan jadinya lebih cepet.

11. "Harga temen aja ya."

Harga temen aja ya
Justru, kalo misalnya kita pake jasa temen yang kita kenal, bukannya harusnya kita ikut membantu dia dan menghargai pekerjaannya itu ya? Masa mau dibayar kurang juga sih, kesian dong. Nolaknya juga gak enak soalnya.
Emang banyak ya lika-likunya jadi desainer grafis tuh. Gak bisa gitu dapet proyek yang tenang-tenang aja dan lurus-lurus aja biar gak keseringan ngelus dada. Kamu yang desainer grafis, paling sering kesel sama kalimat apa nih? Apa jangan-jangan kamu klien yang bikin desainer grafis ngelus dada??

sumber : http://malesbanget.com/2016/03/11-kalimat-yang-bisa-bikin-desainer-grafis-ngelus-dada/

 




 

 


Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar