[Artikel] Hati-Hati! Akhir Tahun Ini Virus CERBER Mengancam

shares |


[ASK] Apa Itu Virus Cerber?
Agan pernah mendengar mitos anjing CERBER? Anjing penjaga pintu gerbang ke Underworld, ya virus ini tampaknya sesuai dengan judulnya. Para ahli IT menyebutkan virus ini dengan sebutan Ransomware Cerber, virus yang berasal dari negara Rusia dan gahar sejak Februari 2016. Sekarang kembali lagi membawa terornya dan efek yang diakibatkan dari virus ini sungguh luar biasa yang membuat stres tingkat tinggi. 😠😠

Bagaimana tidak, karena efek dari virus ini semua data dalam PC/Laptop terenkripsi dan ekstensinya berubah menjadi cerber semua. Menurut para ahli Cerber diketahui menggunakan AES-256 Encryption untuk mengenkripsi file korban dan menambahkan ekstensi .cerber pada setiap file yang terenkripsi.

note: enkripsi adalah suatu metode yang digunakan untuk meng-kodekan data sedemikian rupa, sehingga keamanan informasinya terjaga dan tidak dapat dibaca. singkatnya (Data tidak dapat dibaca) enkripsi dalam bahasa yunani "kryptos" artinya (Tersembunyi atau Rahasia)

[ASK] Seperti Apa Ciri-Cirinya Jika PC/Laptop Terinfeksi Virus Cerber ini?
Pada awalnya, virus ini tampaknya tidak begitu menakutkan. Ia tampak seperti ransomware biasa yang mengenkripsi file pribadi. Setelah mengenkripsi file dan menambahkan ekstensi .cerber pada setiap file/folder agan. Selain itu, ia akan menjalankan VBScript, memainkan file audio, dan menyatakan bahwa dokumen, foto, database korban dan file penting lainnya telah dienkripsi.

Gambar 1.1 File Yang Diencrypt Oleh Cerber

Lalu apa isi note yang dibuat oleh virus ini?
Wah! Ternyata mereka meminta korbannya membayar lebih dari 500 dolar untuk membeli program CERBER Decryptor – program decode file yang terenkripsi. Sayangnya, CERBER Decryptor ini belum tentu juga akan mengembalikan 100% file kita yang sedang terinfeksi. Virus ini dengan cepat berkembang menjadi ancaman komputer yang kini menyebabkan stres. Tidak hanya untuk pengguna PC biasa, tetapi juga kepada profesional IT.

Nah, begitulah teror mengerikan dari si CERBER ini. Setelah saya mengetahui asal usul virus ini, karena rasa ingin tahu lebih dalam saya mulai mencari korban dari si virus ini, dan akhirnya dapat, dari seorang pegawai kerja di PT. ASTRA OTOPARTS. Ia memiliki keluhan bahwa file berupa Video, Gambar maupun Music telah berubah semua menjadi .cerber semua terjadi tidak lama saat ia membuka e-mail dari orang yang tidak dia ketahui. Baiklah saya akan mencoba menelusuri virus ini lebih dalam.

Ohya ada program besutan ESET dia memiliki program mengembalikan file yang di decrypt, setelah saya mencoba hasilnya sekali lagi NIHIL. Wah terlalu! Alhasil benar saya pusing akan perbuatan si CERBER ini! Karena sampai saat ini ternyata memang belum ada satupun program yang mampu mengatasi virus ini termasuk antivirus yang populer.

[TIPS]
Maka dari itu harus kita waspadai dari sekarang dan mulai mencegah virus-virus ganas itu datang, maka sayaa memberikan Tips:

1. Melakukan Update Definisi Virus Pada AntiVirus
Saat ini AntiVirus yang saya percayai dan sistem perlindungannya baik dan tidak memakan beban PC/Laptop yaitu Avast .



Saat ini saya memakai produk Avast Premier 2016 karena perlindungannya lebih lengkap dan lebih ampuh, untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini. Avast Premier kini Rp 370.000 per tahunnya.


2. Jangan Download dan Membuka E-Mail Sembarangan
Ya, sebab sudah ada contohnya dalam artikel ini virus cerber yang saya teliti datangnya dari e-mail. Lalu bagaimana dengan download? Ini justru hal yang paling memungkinkan datangnya virus. maka dari itu dibutuhkan AntiVirus untuk mencegah virus, sebelum ia menjalar di PC/Laptop kita.

3. Lakukan Backup Data
Baiknya agan mempunyai hardisk eksternal yakni untuk membackup data-data penting agan, supaya mengurangi rasa cemas jika file utama telah digerogoti virus jahat nan jahil. Hardisk juga memiliki sistem proteksi loh jadi pilih hardisk yang memiliki sistem proteksi yang kuat, sangat berbeda dengan flashdisk kalau flashdisk itu rentan masuk virus gan.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar