Perkembangan Playstation Dari Jaman Ke Jaman

shares |

Saat ini saya akan membahas tentang sejarah dan perkembangan salah satu game console yang sangat terkenal di dunia, yaitu Playstation. Mari kita bahas 1 per 1 versi-versi yang sudah dikeluarkan oleh Sony PlayStation, mulai dari PS 1 sampai PS 4
Playstation
Adalah sebuah game console yang telah menggunakan grafis dari era 32-bit. Seringkali juga disebut dengan nama PSX. Playstation merupakan game console perintis yang pertama kali menggunakan CD sebagai media penyimpanan dan bukan catridge. Playstation pertama kali diluncurkan di Jepang pada tanggal 3 Desember 1994, Amerika Serikat pada tanggal 9 September 1995, dan Eropa 29 September 1995.

Semuanya dimulai pada tahun 1988, salah satu perusahaan gaming tengah duduk di puncak kesuksesan untuk pasar video game rumah yakni Nintendo. 8-bit Nintendo Entertainment System (NES) telah menguasai pasar selama bertahun-tahun, dan tetap unggul meskipun menghadapi pesaing dari Sega dan Atari. Dan dengan Super NES pada tahun 1990, nampak Nintendo sangat mustahil untuk digulingkan. Namun berbeda pada saat Sony mulai menjajah pasar dengan Sony PlayStation; faktanya, Sony merupakan mitra dari Nintendosebelumnya.



Dengan pisahnya Sony dengan Nintendo, putus pula hubungan kerjasama di antara keduanya, dan keduanya mulai bersaing dengan game konsolnya masing-masing. Namun pasar berkata lain, ketika Sony menjadi raja game konsol hingga saat ini. Dan pada ulasan kali ini, Saya akan merangkum tentang sejarah PlayStation dari versi pertama hingga terakhir yang saat ini sedang hangat diperbincangkan.


PlayStation 1

Kehadirannya pada tahun 1994, langsung sukses menghipnotis jutaan penggila game saat itu melalui tampilan grafis 3D yang ditawarkannya. Apalagi Konsol game PlayStation juga menawarkan teknologi yang sama sekali beda dijamannya.

Di saat konsol game lain masih menggunakan model cartridge sebagai medianya, Sony PlayStation menjadi yang pertama hadir dengan teknologi kepingan disc sebagai media game-nya.

Terobosan revolusioner yang dilakukan Sony melalui PlayStation sukses membuatnya dikenal sebagai konsol game paling populer di zamannya. Meski dihimpit oleh kompetitor Sega Saturn dan Nintendo 64, Sony Playstation masih terlalu kuat untuk didekati.

Di Indonesia sendiri, kehadiran Sony PlayStation justru menjadi ladang usaha menggiurkan dengan menjamurnya usaha rental PlayStation yang mudah ditemukan dimanapun.

Rental PlayStation tersebut menjadi solusi bagi penggemar game yang ingin memainkan game kesayangannya namun belum memiliki budget cukup untuk membelinya. Selain itu, rental PlayStation juga kerap menjadi lokasi ajang adu kebolehan.

PlayStation 2

PlayStation dominan selama bertahun-tahun dan tidak menghadapi banyak kompetisi sampai generasi konsol keenam tiba. Masa itu tiba di Jepang pada tahun 1998 dengan Sega Dreamcast, konsol pertama untuk merangkul internet sebagai bagian dari game, bahkan ada browser Web yang terintegrasi, meskipun dengan koneksi melalui modem 56K. Keberhasilan Sega tampak menjanjikan setelah penjualan awal yang mencapai 500.000 unit hanya dalam waktu dua minggu pada awal penjualan di Amerika Serikat pada bulan September 1999.

Sementara Dreamcast pasti melakukan banyak hal untuk mengembalikan reputasinya, ternyata itu tidak cukup, terutama ketika Sony mengumumkan PlayStation 2 di Tokyo Game Show akhir bulan itu. Penjualan Dreamcast pada saat itu langsung terjun dan Sega menghentikan produksinya pada 30 Maret 2001. (Mesin Dreamcast yang diperbaharui terus dijual di Jepang hingga tahun 2007).

PlayStation 2 mencapai puncak keberhasilannya, dengan rekor penjualan 150 juta unit terjual hingga Februari 2011 – hanya mengambil waktu 10 tahun dan 11 bulan setelah rilis awal di Jepang pada tahun 2000.

Bukan berarti PS2 tidak memiliki beberapa masalah. Kesalahan dalam membaca cakram game telah banyak dikeluhkan oleh banyak pengguna. Tapi sebagai satus-satunya game konsol yang paling laris dan bisa memutar DVD, PS2 ini tetap laris manis diburu para penggemarnya.

PlayStation 3

PlayStation 3 atau lebih di kenal dengan sebutan PS3 adalah generasi terbaru dari konsol video game keluaran dari Sony Computer Entertainment's (SCEI) yang diklaim sebagai pemimpin pasar video game seri PlayStation. PlayStation 3 direncanakan akan diluncurkan pada musim semi 2006 sebagai penerus PlayStation 2 dan diramalkan akan bersaing ketat dengan Nintendo Revolution serta Xbox 360. Pihak Sony menjamin bahwa konsol PS 3 akan kompatibel kebelakang dengan semua disket permainan konsol pendahulunya yaitu PS1 dan PS2. Jadi gak usah kuatir deh. Untuk sementara ini sangat sedikit yang diketahui masyarakat mengenai kehebatan konsol PS3 selain dari kehebatan spesifikasi perangkat kerasnya. PS3 diramalkan akan jadi perbincangan banyak orang karena sangat mendukung API (Application Programming Interface) sebagai sarana pembuatan dan pengembangan games programming.

Sejarah PS3

PS3 secara resmi diperkenalkan pada tanggal 16 May 2005 oleh pihak Sony pada saat Konferensi E3 atau Konferensi Electronic Entertainment Expo di Los Angeles Convention Center di Los Angeles. Pada ajang ini konsol PS3 untuk pertama kalinya dipamerkan kepada public. Masih berbentuk prototype yang belum beroperasi secara penuh namun pihak Sony menjamin bahwa konsol PS3 yang dapat beroperasi penuh akan diluncurkan pada saat Tokyo Game Show tanggal 16-18 September 2005.

Kehebatan & Kemampuan PS3


Bisa digunakan sebagai Personal Computer dengan penggunaan removable Hard Disk Drive dan Sistem Operasi Linux.
Kemampuan sebagai Video Enable Controller
Bisa digunakan untuk 12 saluran televisi
Video Chat dengan IP High Definition
EyeToy reality game interaktif
EyeToy voice command recognition
EyeToy virtual object manipulation
Digital Photograph display (JPEG)
MP3 dan ATRAC download dan playback
Simultaneous World Wide Web access dan gameplay
Wi-Fi router.

Dengan kemampuan sehebat tersebut di atas, tidak diragukan lagi bahwa PS akan menjadi booming dan merajai pasaran konsol video games paling mutakhir dan peluncuran Xbox sebagai pesaing tangguh PS3 bisa kehilangan pasar potensialnya jika tidak memiliki fitur yang lebih hebat dari PS3.

PlayStation 4



Versi PS terbaru ini dengan tampilan 3 dimensi (3D) yang lebih mantab, enak dipandang mata, nyaman dan sempurna. PlayStation menghadirkan kenyaman bermain game dengan membuat anda nyaman dengan ke indahan tampilan 3D.

Rupanya Sony tidak puas sampai disitu, dan apalagi dengan persaingan game console yang semakin ketat. Bahkan Sony juga mempersiapkan PlayStation 5 (PS5) dan PlayStation 6 (PS6) namun ini masih dalam tahap awal perencanaan dan konsep di laboratorium Sony’s R & D.

PlayStation 4 ini juga akan menggunakan prosesor Cell besutan IBM yang berkekuatan sepuluh (10) kali lipat dari pendahulunya PlayStation 3. IBM memang telah mengembangkan gererasi prosesor terbaru yang diperuntukan untuk kelas server. Prosesor dengan yang bernama IBM CPU POWER7 itu pun, dikabarkan bakal digunakan dalam generasi konsol mendatang milik Sony, Playstation 4.

Sekian pembahasan tentang sejarah dan perkembangan PlayStation yang dikembangkan oleh Sony. Sebagai penikmat dan konsumen game console ini, mari kita tunggu perkembangan dan versi selanjutnya yang akan di keluarkan Sony dengan teknologi yang sangat mengagumkan yang ada dalam setiap produknya.

Sumber :

Kunjungin juga web : paprasha.kreatifmm.com

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar