motivasi kerja untuk menghindari persaingan negative

shares |

  1.  Jangan memasukkan orang ketiga. Sering kali terjadi, seseorang khususnya perempuan untuk menceritakan kekesalannya kepada pihak ketiga. Teman Anda tidak akan menciptakan solusi. Hanya Anda yang bisa menyelesaikannya, sebaiknya selesaikan masalah Anda langsung pada orang yang bersangkutan untuk menghindari kesalahpahaman.
  2. Hadapi langsung.
    Pasang telinga baik-baik, jangan biarkan berita buruk tentang Anda terus menyebar. Sebaiknya Anda langsung bicara dengan si pembuat isu dan bicara baik-baik. Jaga percakapan fokus pada pembicaraan tentang pekerjaan, jangan mengeluarkan keluhan-keluhan kecil yang tidak perlu. Fokus pada tujuan bahwa Anda akan meyakinkan orang lain bahwa Anda dan dia bisa bekerja sama dalam bekerja
  3. Jangan mengumbar masalah pribadi.
    Jangan samakan lingkungan pekerjaan dengan lingkungan sekolah atau kuliah. Jangan terlalu bersemangat untuk menyesuaikan diri di tempat kerja, membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mengetahui siapa yang bisa Anda percaya dan juga percaya pada Anda. Anda tetap bisa ramah tanpa perlu menjadi teman, tak berarti Anda tidak perlu teman. Hanya saja setiap pertemanan pasti tetap memiliki batasan-batasan pribadi.
  4. Fokus pada pekerjaan, jangan sampai terpancing.
    Jangan sampai perseteruan ini menghabiskan seluruh waktu dan energi Anda sehingga membuat Anda tidak bisa fokus pada pekerjaan dan yang lebih parah lagi kinerja Anda menurun. Ini akan sangat membahayakan karir Anda. Berikan kesan bahwa Anda tidak terpengaruh oleh sikapnya. Abaikan saja segala perilakunya yang memancing emosi Anda dan tetap jaga sikap netral dengan tidak menjelek-jelekkannya juga, jangan sampai Anda terpancing!
  5. Pasang batas aman.
    Selesaikan seluruh pekerjaan Anda tepat waktu dan laporkan semua pekerjaan yang telah Anda lakukan kepada atasan Anda. Hanya untuk memastikan saja atasan Anda tahu bahwa Anda yang mengerjakan pekerjaan tersebut, bukan pihak lain yang berusaha mensabotase pekerjaan Anda.
  6. Rendah hati.
    Jangan pernah membencinya. Sekali pun ia membenci Anda, Anda tetap harus bisa bersikap bijak. Biasanya sikap rendah hati selalu membuahkan hasil yang baik. Sebaliknya sikap arogan akan membuatnya semakin bersemangat untuk menjatuhkan Anda.

    sumber: https://id.jobsdb.com/id-id/articles/bersikap-bijak-dalam-menghadapi-persaingan-kerja
    Ratih Astari Kirana ( AP201)

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar