10 Kiat Agar Kamu Jadi Kandidat Kuat Untuk Dapat Promosi Jabatan

shares |

1. Usahakan Selalu Datang Ke Kantor Paling Awal dan Pulang Lebih
Nggak ada salahnya kalau kamu berada di kantor sedikit lebih lama dari jam kerja yang seharusnya. Datanglah 15 menit lebh awal dari jam masuk kantor, dan sisakan waktu lebih untuk tinggal sebentar di kantor saat jam pulang. Ini bisa jadi poin plus buat kamu, terutama jika kamu adalah pegawai baru.
Atasanmu pasti akan menyadari siapa saja pegawainya yang paling rajin dan disiplin. Dengan datang lebih awal, tentu saja kamu udah termasuk sebagai pegawai yang disiplin.

2. Sesuaikan Penampilan dengan Kultur Perusahaanmu
 Tentu saja kita nggak boleh menilai seseorang hanya dari penilaiannya. Tapi tidak bisa dipungkiri kalau penampilanmu itu merepresentasikan bagaimana dirimu. Jika kamu bekerja di sebuah perusahaan besar yang memiliki banyak sekali karyawan, tentu saja atasanmu tidak bisa selalu menilaimu langsung dari hasil kerjamu.
Hal pertama yang dia nilai adalah bagaimana penampilanmu. Kalau atasanmu suka dengan caramu berpenampilan, pasti dia akan sangat mudah mengingatmu.

3. Jangan Takut Menyampaikan Ide dan Pendapatmu Di Saat Meeting
Salah satu cara terbaik untuk bisa mendapatkan perhatian dari atasanmu adalah dengan menjadi karyawan yang aktif. Saat sedang meeting, ikutlah berkontribusi dengan cara mengutarakan ide-ide dan pendapatmu.
Jangan takut kalau pendapat dan idemu ditolak, setidaknya kamu sudah menunjukkan aksimu pada atasanmu. Tapi meskipun begitu, kamu juga harus berusaha untuk memberikan ide-ide dan pendapat yang berbobot.

4. Biasakan Selalu Bekerja Dengan Terorganisir
 Aturlah jadwal pekerjaanmu sebaik mungkin. Jadwal yang teroganisir bisa membuatmu terlihat lebih profesional saat bekerja. Kamu jadi lebih mudah melakukan pekerjaanmu, kamu tahu apa saja yang harus kamu kerjakan sekarang dan nanti.
Selain itu, dengan cara ini kamu juga tidak mudah stres karena semuanya berjalan sesuai dengan rencana. Kamu bisa meminimalisir kesalahan-kesalahan kecil, sehingga kamu akan mendapatkan penilaian yang baik dari atasanmu.

5. Kalau Pekerjaanmu Sudah Selesai dan Kamu Masih Ada Waktu, Jangan Segan Tawarkan Bantuan
Ada kalanya kamu sedang tidak banyak pekerjaan yang harus kamu kerjakan. Dari pada kamu hanya menganggur saja, jauh lebih baik kalau kamu menawarkan bantuan kepada teman yang sedang membutuhkan bantuan.
Tunjukkan kalau kamu adalah karyawan yang peduli dengan karyawan yang lain. Dengan menolong teman kerja, itu membuktikan bahwa kamu juga bisa bekerja secara tim. Ini tentunya akan membuatmu disukai oleh semua karyawan, dan mereka pasti akan mendukungmu untuk dipromosikan pada atasan.

6. Bekerjalah Secara Konsisten Sepanjang Hari
Bekerjalah dengan konsisten, dan sesuaikan juga dengan kemampuan yang kamu miliki. Jangan banyak membuang waktu kerjamu dengan melakukan hal-hal yang nggak berkaitan sama sekali dengan pekerjaan.
Jangan sampai atasanmu melihatmu sedang bersantai-santai saat jam kerja. Kalau kamu memang sedang ingin beristirahat, lebih baik kamu pergi sejenak ke tempat istirahat. Lalu segeralah kembali ke meja kerjamu dan selesaikan pekerjaanmu.

7. Jadilah Orang yang Peduli Pada Lingkungan Kerjamu
 Tunjukkan juga kalau kamu peduli dengan lingkungan kantormu. Beranikan diri untuk memberikan ide dan masukan pada atasanmu jika kamu punya ide mengenai lingkungan kantormu.
Misalnya, kamu merasa jika ruangan kerja di kantormu itu kurang mendukung produktivitas kerja karyawan, sampaikan hal itu pada atasanmu dan jangan lupa juga berikan alasan-alasan dan solusinya. Atasanmu pasti akan sangat senang jika ada karyawan yang bisa memberikan masukan yang bermanfaat untuk perusahaan.

8. Selalu Tunjukkan Bahasa Tubuh yang Positif

 Selain penampilan, hal pertama yang dinilai orang adalah bahasa tubuh kita. Bahasa tubuh adalah komunikasi non verbal, sehingga apapun gerakan tubuh yang kamu lakukan memiliki makna tertentu yang akan diinterpretasikan oleh orang lain.
Oleh sebab itu kamu harus bisa menunjukkan bahasa tubuh yang positif. Misalnya dengan cara berjalan yang tegap, murah senyum, dan menatap ramah setiap orang. Dengan bahasa tubuh seperti ini, semua orang pasti yakin dengan dirimu.

9. Salah Dalam Bekerja Itu Pasti — Yang Penting, Kamu Belajar Dari Kesalahan Itu
Saat bekerja kamu pasti pernah melakukan beberapa kali kesalahan, dan itu lumrah terjadi. Yang terpenting adalah kamu harus selalu bisa belajar dari kesalahan-kesalahan yang pernah kamu lakukan. Teruslah berusaha untuk menunjukkan kemajuan pada atasan dan semua rekan kerjamu.
Kalau kamu mendapat teguran dan kritikan, jangan terlalu kamu ambil hati. Bekerjalah secara profesional. Terimalah kritik itu sebagai acuan untuk bisa meng-improve kemampuanmu.

10. Bekerjalah Dengan Penuh Integritas dan Kejujuran
 Bekerja dengan cara yang bersih dan jujur pasti akan membuatmu jadi seorang karyawan yang teladan dan disegani oleh karyawan yang lain. Jangan pernah tergiur untuk melakukan kecurangan saat bekerja.
Berbuat curang bisa merugikan dirimu sendiri dan perusahaan. Nggak mudah memang untuk mendapatkan hati dan perhatian dari atasan. Tapi lakukanlah dengan cara yang positif dan bersainglah secara sehat.

Sumber :
http://www.hipwee.com/sukses/ingin-cepat-naik-jabatan-jangan-jadi-biasa-biasa-aja/

Penulis : Nadya Aprianti PPS-AP202

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar