25 kutipan yang membuat anda semangat bekerja

shares |


memang menjadi salah satu kebutuhan sekaligus kewajiban kita ketika hidup di dunia. Dengan bekerja, kita bisa mengumpulkan uang yang kita gunakan untuk membeli keperluan kita sekaligus menjaga kelangsungan hidup kita. Dalam ajaran agama pun, bekerja sangat dianjurkan bahkan diwajibkan dan ditetapkan sebagai salah satu bentuk ibadah.

Memang, semua kegiatan yang bersifat rutinitas akan terlihat sangat membosankan lama-kelamaan. Apapun kegiatan itu, setelah lama kita menjalankannya pasti akan terasa membosankan. Belum lagi bila kita masih mendapat kritikan, tuntutan, atau mungkin sebagai pelampiasan kesal orang lain yang sebenarnya merasakan kebosanan yang sama.

Namun mau tidak mau, kita pasti akan mengalami fase bekerja di mana kita akan menghadapi rutinitas setiap harinya dalam jangka waktu yang tidak bisa ditentukan. Akan sangat biasa bertemu dengan setumpuk tugas yang harus selesai dalam satu hari, omelan dari rekan kerja maupun atasan, protes dan kritikan dari pelanggan, keluh kesah dari staf yang sangat berpotensi mempengaruhi keadaan diri Anda hingga merasakan tekanan pekerjaan.

Meski bekerja terlihat sebagai sesuatu yang menakutkan dan menyeramkan, ada beberapa hal positif yang bisa Anda renungkan dari 25 kutipan penyemangat kerja berikut ini agar bisa kembali menumbuhkan semangat bekerja Anda. Belajar dari para ahli dan orang sukses mengenai pekerjaan adalah hal yang sangat positif yang bisa membantu Anda untuk lebih fleksibel dalam berpikir sehingga Anda lebih mampu menyelesaikan pekerjaan Anda. Berikut ini merupakan 25 kata penyemangat kerja yang bisa memotivasi Anda setiap hari.

1. "Bisnis yang bagus itu dijalankan, bukan ditanyakan terus." (Bob Sadino)

Bob Sadino

Bob Sadino via wordpress.com



Sama seperti bisnis, pekerjaan yang baik adalah pekerjaan yang dikerjakan. Bukan pekerjaan yang terus ditanyakan atau hanya dipikirkan. Banyak orang merasa jenuh dan kemudian hanya melamun tentang apa yang terjadi bila tugas mereka sudah selesai daripada fokus pada pekerjaan yang seharusnya mereka selesaikan. Selain membuang waktu dan justru membuat Anda semakin jenuh, memikirkan pekerjaan tidak akan membuatnya selesai sendiri.

2. "Saya hanya bekerja tak peduli penilaian orang. Mau jelek, mau gagal, mau berhasil, yang penting saya bekerja." (Presiden Joko Widodo)

Banyak orang memiliki sikap untuk terlalu memperhatikan apa yang dikatakan orang tentang dirinya. Banyak orang yang kemudian gagal dalam bekerja dan pekerjaannya karena merasa tidak cukup baik dan meremehkan dirinya sendiri. Anda harus belajar dari Presiden Joko Widodo, bahwa beliau selalu bekerja dan melakukan tugasnya meski riuhnya politik yang berusaha menurunkan beliau. Setidaknya, Anda berusaha untuk melakukan sesuatu yang lebih baik daripada hanya mengomentari orang yang mungkin pekerjaannya tidak dapat Anda selesaikan.

3. "A person who never made a mistake never tried anything new." (Albert Einstein)

Albert Einstein

Albert Einstein via bgr.com



"Orang yang tak pernah melakukan kesalahan adalah orang yang tak pernah mencoba sesuatu yang baru." Kesalahan adalah suatu tanda bahwa seseorang telah mencoba sebuah hal yang belum pernah diketahui sebelumnya. Kebanyakan orang memilih menghindari risiko gagal daripada mencobanya lebih dahulu. Anda tahu, kesuksesan tidak datang karena satu kali pencobaan saja. Bahkan kesuksesan belum tentu langsung datang pada mereka yang sudah beberapa kali melakukan percobaan. Kesuksesan bekerja datang ketika Anda sungguh-sungguh melakukan pekerjaan Anda dan tidak pernah bosan memperbaiki kesalahan yang dia buat serta melakukan perbaikan berkelanjutan.

4. "The key to failure is trying to please everyone." (Ed Sheeran)

"Kunci kegagalan adalah berusaha menyenangkan semua orang." Yang paling berhak memutuskan pilihan dalam hidup Anda adalah diri Anda sendiri. Orang lain hanya mengomentari, mengkritik, dan jika beruntung Anda akan mendapatkan saran yang bagus. Segala tanggapan dari orang lain tidak perlu Anda telan mentah-mentah semuanya. Hati-hati, beberapa di antara komentator itu hanya berusaha menjatuhkan Anda. Saring kritik dan saran yang membangun dan lakukan perbaikan dalam hidup dan pekerjaan Anda. Itu akan membantu Anda dalam bekerja.

5. "Have patience. All things are difficult before they become easy." (Saadi, Penyair Iran)

"Bersabarlah, segala sesuatu itu awalnya sulit sebelum menjadi mudah." Semua hal pasti akan terasa sulit pada awal dikerjakan. Hal ini wajar karena tidak semua orang pernah mengalami semua pengalaman hidup dan bekerja. Ada fase belajar yang harus dilalui orang sebelum akhirnya menjadi ahli dalam bidang pekerjaannya. Berjuanglah dan tetap bertahan meski Anda merasakan hal paling buruk dalam bekerja, karena pengalaman itu akan bisa Anda tanggapi secara lebih baik bila menemukan keadaan sama di kemudian hari.

Baca Juga: 15 Kata-kata Motivasi di Pagi Hari

6. "The harder the conflict, the more glorious the triumph." (Thomas Paine)

Thomas Paine

Thomas Paine via bookfans.net



"Semakin sulit perjuangannya, semakin besar kemenangannya." Tidak ada kemenangan dari perjuangan yang mudah dan biasa-biasa saja. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang terbaik dan bernilai besar, Anda harus berjuang dan bekerja untuk itu. Mengapa? Karena yang menginginkan hal tersebut bukan hanya Anda. Mungkin dalam satu wilayah hanya Anda yang seolah paling menginginkannya, tetapi jutaan orang di luar sana siap menjadi saingan Anda dengan kemampuan masing-masing.

7. "Success seems to be connected with action. Successful men keep moving. They make mistakes, but they don't quit." (Conrad Hilton)

"Sukses selalu bersumber dari perbuatan. Orang yang sukses terus berusaha. Mereka mungkin membuat kesalahan, tetapi mereka tidak menyerah." Berusaha adalah kunci untuk mencapai kemenangan dan kesuksesan. Anda tidak bisa menyewa orang untuk bekerja dan mendapatkan kesuksesan bagi Anda. Hidup ini perjuangan sekaligus persaingan. Yang berhasil melawan ketakutannya untuk gagal dan terus berusaha dan mencoba meski memang telah gagal adalah mereka yang berhak mendapatkan kesuksesan.

8. "As we advance in life, we learn the limits of our abilities." (Henry Ford)

Henry Ford

Henry Ford via dailymaverick.co.za



"Setelah kita melaju dalam hidup , kita mempelajari batas kemampuan kita." Tidak ada manusia yang terlahir tanpa kelemahan tetapi tidak ada manusia yang terlahir tanpa kelebihan. Semua orang diciptakan setara dengan kemampuan, kelebihan, dan kekurangan masing-masing. Ketika Anda hendak mencoba suatu hal baru tetapi dengan ketidakyakinan terhadap diri sendiri dan dipenuhi rasa takut gagal, Anda sama saja sudah membatasi kemampuan Anda dan meremehkan diri sendiri.

9. "Choose a job you love, and you will never have to work a day in your life." (Confucius)

"Pilihlah pekerjaan yang Anda sukai, dan Anda tidak akan perlu bekerja seumur hidup Anda." Kebanyakan dari kita melakukan pekerjaan yang tidak kita sukai. Akibatnya kita terus merasa tertekan dengan pekerjaan dan merasa bahwa pekerjaan kita semakin hari semakin sulit. Jika Anda tidak menginginkan keadaan terjebak pada pilihan yang salah, Anda sebaiknya mulai berjuang untuk pekerjaan yang Anda cintai, bukan pekerjaan yang mau menerima Anda apa adanya. Karena dengan bekerja pada hal yang Anda cintai, Anda tidak akan merasa tertekan. Bahkan Anda seolah merasa dibayar untuk melakukan hobi.

10. "The best preparation for good work tomorrow is to do good work today." (Elbert Hubbard)

"Persiapan terbaik untuk pekerjaan yang baik esok hari adalah melakukan pekerjaan baik hari ini." Tidak ada persiapan terbaik untuk pekerjaan yang baik selain pekerjaan yang baik pula. Anda tidak bisa mengharapkan kejadian baik muncul setelah Anda melakukan kejadian buruk. Bahkan persiapan yang baik pun terkadang harus terhalang dengan berbagai kemungkinan terburuk, apalagi jika Anda menyiapkannya dengan hal yang buruk. Maka mengusahakan persiapan pekerjaan sebaik mungkin hari ini akan membawa pekerjaan yang baik bagi Anda esok hari.

Baca Juga: 11 Kata Kata Motivasi Kerja yang Akan Membuatmu Sukses

11. "There is no substitute for hard work." (Thomas Alva Edison)

Thomas Alva Edison

Thomas Alva Edison via ondacultural.org



"Tidak ada pengganti kerja keras." Tidak ada yang bisa menggantikan kerja keras untuk mencapai kesuksesan dalam hidup, bukan saja dalam pekerjaan. Kerja keras adalah mata uang yang berlaku di seluruh dunia yang mana akan mengantarkan Anda pada posisi terbaik. Kesuksesan pun terkadang masih memilah kerja keras mana yang berhak mendapatkannya.

12. "Working hard and working smart sometimes can be two different things." (Bryon Dorgan)

"Bekerja keras dan bekerja cerdas terkadang menjadi dua hal yang berbeda." Anda mungkin menjadi pribadi yang selalu bersemangat dan selalu bekerja keras. Tak peduli ketika jam tidur Anda terganggu atau Anda mulai terlihat mudah sakit dan lemah. Satu-satunya yang ada dalam pikiran Anda adalah bekerja dan bekerja. Sikap yang bagus tetapi bukan sikap yang benar. Bekerja keras memang menjadi hal yang seharusnya Anda lakukan ketika menginginkan sebuah kesuksesan, tetapi bekerja cerdas merupakan hal yang mutlak Anda lakukan. Anda tidak seharusnya mengesampingkan kebutuhan hiburan hanya untuk bekerja dan bekerja. Bekerja secara cerdas artinya Anda tahu kapan waktu bekerja serius, merilekskan otot Anda, dan kapan waktunya Anda memberikan apresiasi terhadap diri sendiri. Cara bekerja yang seperti ini justru lebih baik dan lebih membuat Anda nyaman dalam bekerja.

13. "The only place success comes before work is in the dictionary." (Vince Lombardi)

Vince Lombardi

Vince Lombardi via ytimg.com



"Satu-satunya kesuksesan yang datang sebelum bekerja hanya ada di dalam kamus." Tidak ada kesuksesan yang mau mendatangi Anda yang tidak mau bekerja. Satu-satunya tempat yang membuktikan sukses muncul sebelum bekerja adalah kamus. Anda tidak hidup di dalam kamus, Anda hidup di dalam dunia nyata yang mana persaingan dan perjuangannya tidak fiktif. Hukum alam berlaku di sini. Meski keras, bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya. Yang Anda butuhkan adalah keyakinan bahwa diri Anda tidak lebih rendah dari sesama manusia dan pekerjaan Anda lah yang membuat Anda lebih menjadi manusia.

14. "Nothing will work unless you do." (Maya Angelou)

"Tidak akan ada keberhasilan sampai Anda mengerjakannya." Pekerjaan bukanlah makhluk hidup, tetapi pekerjaan adalah hal yang membuat seseorang hidup. Anda tidak bisa mengharapkan pekerjaan menyelesaikan masalah dirinya sendiri. Anda harus membuktikan diri Anda sebagai manusia bahwa Anda adalah makhluk yang bermartabat dan memiliki kemampuan tinggi untuk bekerja dan menyelesaikan tugas-tugas. Anda harus menyadari bahwa Anda dikaruniai kemampuan dan kekuatan untuk mengalami proses kehidupan yang salah satunya adalah bekerja.

15. "What you are will show in what you do." (Thomas Alva Edison)

"Kualitas diri Anda akan terlihat dari apa yang Anda kerjakan." Anda tidak perlu mengatakan kepada semua orang seperti apakah diri Anda. Tanpa memberitahukan kepada orang lain, kualitas diri Anda sudah tercerminkan dari apa yang Anda kerjakan, cara menyelesaikan tugas, menanggapi keadaan, mengomentari atau mengkritik sesuatu, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Orang Sukses Yang Harus Kamu Tiru

16. "Work while you work, play while you play - this is a basic rule repressive self-discipline." (Theodor Adorno)

Theodor Adorno

Theodor Adorno via wordpress.com



"Bekerjalah ketika waktunya bekerja, bersenang-senanglah ketika waktunya bermain - ini adalah peraturan dasar dari kedisiplinan diri yang represif." Menjadi disiplin bukan hanya ketika Anda bekerja. Ingat, Anda bukan robot dan tubuh Anda tidak sekedar membutuhkan waktu sebentar untuk memulihkan keadaannya setelah Anda paksa untuk bekerja keras. Lagi pula, inti hidup bukanlah kerja sepenuhnya, ada hal-hal lain yang harus Anda beri porsi untuk dinikmati. Apa gunanya Anda bekerja ketika Anda tidak bisa menikmati pencapaian Anda?

17. "Anybody can do bad work, but not everybody does good work." (Paul Simon)

"Semua orang bisa menghasilkan karya yang buruk, tapi tidak semua orang bisa menghasilkan karya yang baik." Tidak semua orang mau dan mampu bekerja secara baik, dalam artian memiliki kemampuan dan kemauan kerja. Jika Anda sadar bahwa diri Anda tidak diciptakan berkekurangan, lantas mengapa terkadang masih menggerutu tentang apa yang tidak bisa Anda kerjakan dan Anda capai? Kerjakan pekerjaan yang bisa Anda kerjakan selagi itu baik dan lakukanlah sebaik mungkin. Pekerjaan baik akan membuahkan hasil yang baik juga kepada Anda.

18. "I just hate losing and that gives you an extra determination to work harder." (Wayne Rooney)

Wayne Rooney

Wayne Rooney via guim.co.uk



"Saya membenci kekalahan dan hal itu akan memberimu kemauan kuat untuk bekerja lebih keras." Menjadi sukses bukan perkara soal pencapaian saja, bukan tentang keberhasilan mencapai tujuan. Sukses juga diukur dari seberapa mampu seseorang menjaga apa yang dia dapatkan dan mempertahankan apa yang sudah dia perjuangkan sebelum dia mencapai posisi terbaiknya saat ini.

19. "I've done a lot work to get where I'm at, but I have to keep working." (Wiz Khalifa)

"Saya telah bekerja keras untuk mencapai posisi saya sekarang, tetapi saya harus terus bekerja keras." Hidup bukan masalah sekali jadi, bukan perjalanan sekali sampai. Bahkan bisa dikatakan, sekalipun Anda memiliki tujuan hidup, hidup tidak berhenti pada tujuan tersebut. Bisa dikatakan pula, tujuan bukan merupakan titik akhir, namun lebih kepada babak baru kehidupan Anda. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak menjalani hidup sesemangat mungkin, untuk bekerja, untuk belajar, dan tentunya untuk berjuang.

20. "Do your work with your whole heart, and you will succeed - there's so little competition." (Elbert Hubbard)

"Kerjakan pekerjaan Anda dengan sepenuh hati dan Anda akan meraih kesuksesan dengan sedikit kompetisi akan terjadi." Pekerjaan yang paling bagus adalah pekerjaan yang dikerjakan sepenuh hati. Tidak ada pekerjaan terburuk selain pekerjaan yang tidak niat dikerjakan. Semudah apapun pekerjaan tersebut hasilnya tidak akan maksimal ketika Anda tidak memiliki keinginan untuk mengerjakannya. Sebaliknya, serumit dan sesulit apapun pekerjaan tersebut akan tetap selesai dengan baik ketika Anda memiliki keinginan dan kemauan kuat serta aksi nyata untuk menyelesaikannya.

Baca Juga: Mau Sukses? Lakukan Ini Sejak Kamu Masih Umur 20an

21. "You have to train your brain to be positive just like you work out your body." (Shawn Achor)

Shawn Achor





"Anda harus melatih otak Anda supaya menjadi positif, seperti Anda melatih tubuh Anda." Pikiran adalah kunci tubuh Anda bekerja. Ketika Anda yakin bahwa Anda bisa melakukan pekerjaan, tubuh Anda akan lebih mudah untuk dikendalikan dan mengerjakan sesuatu yang baik. Maka tidak mungkin seseorang yang berpikir negatif akan bisa menghasilkan pekerjaan yang baik. Dan tidak mungkin juga seseorang yang memiliki pikiran positif serta semangat tidak mampu menyelesaikan pekerjaannya dengan hasil yang baik.

22. "Where there is no work, there is no dignity." (Paus Fransiskus)

"Ketika tidak ada usaha, maka tidak ada harga diri." Bekerja merupakan salah satu bentuk kita memuliakan pencipta kita. Kita menggunakan potensi yang sudah diberikan kepada kita untuk bekerja dan memenuhi kebutuhan dan keinginan kita, tidak hanya bergantung dari pemberian Tuhan yang didapat tanpa harus kita berkorban sesuatu. Tidak ada kemuliaan yang Anda dapatkan dari mengadahkan tangan ke atas dan berharap bahwa Tuhan akan selalu memberi tanpa Anda berusaha lebih dulu.

23. "There is simply no substitute for hard work when it comes to achieving success." (Heather Bresch)

Heather Bresch

Heather Bresch via wordpress.com



"Tidak ada pengganti kerja keras untuk mencapai kesuksesan." Kesuksesan bukan sesuatu yang mudah untuk didapat. Hal itu karena kesuksesan bukan hal instan, terdapat jutaan proses di dalamnya yang dialami seseorang yang mengerti arti berjuang dan tetap tidak menyerah meskipun sempat dikecewakan apa yang dipertahankannya berulang kali. Sukses memberikan kunci-kunci kelemahannya pada mereka yang tidak ragu untuk berusaha tanpa mengeluh sedikitpun.

24. "Everyone's dream can come true if you just stick to it and work hard." (Serena Williams)

"Mimpi semua orang bisa menjadi kenyataan jika Anda terus bekerja keras." Tidak ada mimpi yang tidak mungkin. Apa yang kita impikan bisa menjadi sebuah kenyataan. Perbedaannya, beberapa orang memilih sebatas bermimpi tinggi sementara yang lain rela tak tidur untuk benar-benar mewujudkan mimpinya. Bukan ambisius, tetapi orang ini hanya yakin bahwa mimpi tidak dapat datang sendiri apalagi kepada orang yang tidak berusaha untuk mengejar apa yang diinginkannya.

25. "Four things for success: work and pray, think and believe." (Norman Vincent)

"Empat hal untuk sukses: bekerja dan berdoa, berpikir dan percaya." Kesuksesan dalam pekerjaan Anda bukan hanya didapat dari bekerja sepenuhnya. Setidaknya ada tiga hal lain yaitu berdoa, berpikir, dan percaya. Mungkin kelihatan sekilas seperti masalah keyakinan tapi apa yang kita yakini sesungguhnya akan dibantu untuk direalisasikan oleh alam. Jadi mengapa tidak yakin ketika alam pun berusaha membantu Anda mencapai kesuksesan?

Hasilkan Buah Karya Anda

Sebuah pekerjaan bisa saja membuat Anda merasa hidup yang Anda jalani hanya terfokus pada satu hal saja. Tetapi pekerjaan adalah hal yang membuat hidup Anda juga tetap berlangsung. Bukan hanya kemampuan menghasilkan untuk menopang kebutuhan dan keinginan dalam hidup, tetapi esensi pekerjaan adalah membuat Anda sungguh-sungguh hidup, yang mengerti hakikat berjuang dan bisa bangkit meski mengalami kegagalan berulang kali.

Terlepas dari segala sisi buruk pekerjaan yang selalu lebih banyak dilihat orang daripada sisi baiknya, pekerjaan tetap bagian dari hidup semua orang karena di dalam pekerjaan tersimpan makna perjuangan yang harus mereka lakukan. Ingatlah, hanya pohon berbuah yang dilempari batu. Begitu juga dengan Anda. Ketika Anda merasa ujian hidup dan pekerjaan Anda semakin berat, sebenarnya hal itu ingin mengatakan pada Anda bahwa Anda adalah orang yang sangat berharga dengan buah karya Anda sendiri.


By ; vicky permana

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar