6 Cara Meningkatkan Motivasi Kerja

shares |

Motivasi diri merupakan kunci dari berbagai aspek kehidupan. Apa jadinya bila tidak termotivasi? Kita mungkin akan kurang produktif dan melakukan hal pekerjaan setengah hati.
Salah satu hal yang sering jadi masalah di antaranya adalah motivasi kerja. Padahal waktu kita hampir sebagian besar dihabiskan di tempat kerja sehingga mudah untuk melihat ketika seseorang ogah-ogahan.

Namun ada cara supaya kita bisa lebih termotivasi dan menciptakan lingkungan postif di tempat kerja. Berikut ini adalah enam tips cara meningkatkan motivasi kerja.
1. Berteman dengan Rekan Kerja


Banyak ahli karier percaya bila berteman dengan sesama rekan kerja adalah cara terbaik untuk tetap termotivasi dalam pekerjaan. Di kantor banyak rekan kerja. Sering makan siang bersama dan bertukar pikiran, akhirnya dapat menjadi teman baik.
Dengan saling bertukar pikiran dan cerita dengan rekan kerja sehingga dapat mengetahui latar belakang dan masa depannya. Hal ini juga dapat menjadi inspirasi. Berada di sekitar orang-orang tersebut dapat menjadi motivasi di kantor.

2. Pemanasan Sebelum Kerja


Jika Anda ingin bekerja penuh energi, lakukan "olah raga" kecil di pagi hari. Anda bisa jogging, yoga, atau sekadar menggerakan badan. Menurut mayo clinic, menggerakkan badan membuat sistem kardiovaskular lebih efisien sehingga meningkatkan energi sepanjang hari.

3. Menempelkan Daftar Tugas Harian


Hal pertama dilakukan ketika tiba di kantor yaitu menuliskan tugas-tugas yang akan dilakukan. Dengan menulis daftar tugas harian membuat Anda lebih peduli pada pekerjaan, dan memotivasi untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut.

4. Target Jangka Pendek dan Panjang


Membuat rencana jangka pendek memang penting namun lebih penting membuat rencana jangka panjang supaya Anda termotivasi. Anda akan lebih termotivasi bila pekerjaan Anda dapat mengantarkan untuk rencana jangka panjang. Lalu jangan lupa membuat tujuan tujuan kecil untuk mengukur tingkat keberhasilan.

5. Rapat Rutin dengan Pengawas

Jika Anda ingin lebih berkembang, maka Anda membutuhkan masukan dari pengawas. Luangkanlah waktu 30 menit untuk rapat pribadi dengan atasan Anda, minta saran dan kritik darinya. Setelah rapat tersebut kemungkinan besar Anda lebih termotivasi. Jadwalkanlah kegiatan tersebut setidaknya dua minggu sekali.

6. Rayakan keberhasilan


Menurut Simon Reynold penulis Why People Fail, orang sering fokus terhadap hal-hal yang tidak beres. Fokus pada hal negatif dapat mengurangi motivasi. Kita harus beralih pada area positif. Rayakanlah keberhasilan-keberhasilan kecil, yang akan membawa Anda ke arah positif. Merayakan keberhasilan kecil dapat menjaga Anda tetap termotivasi dengan baik.


Sumber: http://bisnis.liputan6.com/read/2282071/6-cara-meningkatkan-motivasi-kerja
Nama: Aribah Roviana - AP 201

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar