Cara Menghadapi Persaingan Pada Dunia Kerja

shares |

Persaingan di tempat kerja atau di kantor adalah hal biasa di setiap perusahaan. Sayangnya, persaingan tersebut sering membuat stres sejumlah karyawan. Akibatnya, mereka tidak bersemangat sehingga produktivitasnya menurun. Agar Anda tidak seperti mereka, ada lima cara elegan menghadapi persaingan di tempat kerja Anda.
1. Berpikir positif tentang persaingan
Cara pertama yang perlu Anda lakukan adalah berpikir positif tentang persaingan tersebut. Tanamkan di benak Anda bahwa persaingan itu bagus untuk Anda, rekan kerja, dan kinerja perusahaan. Mengapa? Karena persaingan akan membuat semua karyawan mengeluarkan kemampuan terbaiknya.
Kemampuan terbaik tersebut untuk mengejar posisi yang lebih atas, memperoleh gaji yang lebih tinggi, mendapatkan reputasi baik, atau mendapatkan proyek yang lebih menantang.
Bila Anda berpikir persaingan itu negatif, Anda akan memperoleh hal-hal negatif pula. Misalnya, menjelekkan rekan kerja, mengeluh, tidak percaya diri, atau menyalahkan orang lain.

2. Meningkatkan keterampilan

Cara kedua adalah meningkatkan keterampilan Anda. Fokuslah pada apa yang menjadi keunggulan Anda. Lupakan dulu keterampilan atau keunggulan orang lain. Hal ini akan mendorong Anda untuk mencurahkan energi dan upaya menghilangkan kelemahan Andabukan mencurahkan energi dan upaya untuk mengeluh dan mencemaskan orang lain.
Untuk meningkatkan keterampilan, yang perlu Anda lakukan adalah:
  • Identifikasi keterampilan terkait pekerjaan yang belum atau kurang Anda kuasai.
  • Hubungi atasan langsung Anda dan minta agar Anda diberi pelatihan keterampilan tersebut. Beri penjelasan yang bagus (misalnya untuk meningkatkan produktivitas Anda) saat meminta pelatihan tersebut agar atasan Anda menyetujuinya.
  • Ikuti pelatihan yang diijinkan oleh atasan Anda

3. Bekerja melebihi deskripsi kerja Anda

Persaingan adalah peluang untuk menonjolkan kinerja. Oleh karena itu, bekerja melebihi deskripsi kerja Anda adalah langkah tepat untuk tujuan tersebut. Sebagai contoh, jika tugas Anda sebagai teknisi kelistrikan, mintalah tugas-tugas tambahan kepada atasan Anda bila pekerjaan Anda sudah selesai dilaksanakan.
Mengerjakan tugas-tugas tambahan dari atasan lebih baik dibanding Anda membuang-buang waktu yang dimiliki saat pekerjaan Anda sudah selesai. Mintalah tugas tersebut secara tulus, bukan karena Anda mengharapkan kompensasi uang. Ingat, niat yang baik akan menghasilkan yang baik pula.

4. Membina hubungan baik dengan atasan

Dalam perusahaan yang mengedepankan prestasi, peran atasan sangat penting dalam mengembangkan karier bawahannya. Untuk itu, binalah hubungan baik dengan atasan agar Anda memiliki hubungan profesional dan reputasi baik di mata atasan. Ini diharapkan dapat membantu Anda dalam persaingan kerja.
Beberapa contoh kegiatan yang dapat membantu Anda dalam membina hubungan baik dengan atasan adalah:
  • Menyapanya saat bertemu
  • Mengerjakan tugas yang diberikannya dengan cepat, teliti, dan akurat
  • Berbicara secara sopan saat mengutarakan keinginan Anda
  • Inisiatif melaporkan perkembangan proyek yang sedang dikerjakan
  • Mengobrol dengan dia di saat rehat
  • Berkunjung ke rumahnya untuk silaturahmi

5. Bersinergi dengan pesaing

Cara terakhir adalah bersinergi atau bekerja sama dengan pesaing Anda. Jika pesaing itu perlu bantuan, berilah bantuan terbaik Anda. Misalnya, jika dia belum terampil di sebuah instrumen dan meminta Anda mengajarinya, ajarilah dengan baik. Hilangkan rasa takut tersaingi karena bisa saja Anda memerlukan bantuan dia di kemudian hari.
Selain itu, bersinergi ini akan membantu Anda dan pesaing Anda berkembang. Bahkan, bisa saja pesaing Anda merekomendasikan Anda ke posisi yang lebih tinggi jika diminta pendapat oleh pihak manajemen. Atau, mungkin pula, ia menawari Anda pekerjaan yang lebih baik jika dia keluar dari pekerjaan sekarang dan menjadi pimpinan di perusahaan lain.
Simpulannya, persaingan kerja adalah peluang bagi Anda untuk berkembang dan menonjolkan kinerja. Semakin elegan Anda menyikapinya, semakin bergairah Anda dalam bekerja dan berkarir. Degan demikian, rasa cemas, stres, dan perasaan negatif lainnya akan hilang dengan sendirinya.

By : Dewi Yulianti
Sumber :http://www.duniakaryawan.com/5-cara-elegan-menyikapi-persaingan-di-tempat-kerja/

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar