Gimana Sih Caranya Mengatasi Ketakutan di Hari Pertama Kerja?

shares |

Siapapun orangnya, masuk ke tempat kerja yang baru pasti merasa takut dan terintimidasi. Tenang, bukan kamu sendiri kok yang mengalami perasaan tidak nyaman, takut dan kaget. Ini cara mengatasinya.

1. Di hari pertama, beranikan dirimu untuk berkenalan dengan rekan yang baru.


Jangan menjadi pasif di hari pertama. Jangan pernah ragu untuk mengulurkan tangan dan mengajak rekan barumu berkenalan. Tak perlu memikirkan seperti apa reaksi mereka, hal ini akan membuatmu semakin tidak nyaman dalam lingkungan bekerja itu.

2. Cari info sebanyak-banyaknya yang belum kamu tahu.


Misalnya, belum tahu password wi-fi, jangan ragu-ragu untuk menanyakannya. Bukan karena kamu orangnya kepo, namun hal ini penting karena setiap kantor punya aturan tata krama yang berbeda. Jadi ada baiknya kamu tahu daripada salah dalam bekerja.

3. Minta rekan kerjamu untuk bercerita pengalamannya.

 

Tanyakan pada rekan satu timmu, hal-hal apa yang biasa dilakukan oleh mereka, rintangan apa yang mereka dapatkan dan bagaimana mereka mengatasinya. Tentu karena bekerja dalam tim, kamu yang notabene anak baru harus bisa mengikuti kinerja mereka. Sebagai anak baru, kamu diizinkan untuk tahu lebih banyak mengenai kinerja timmu.

4. Tunjukkan semangatmu!!

 

Jangan malu-malu, tunjukkan kalau kamu memang bersemangat di hari pertama kamu kerja. Apa yang kamu lakukan di hari pertama akan membuat kenangan bagi rekan-rekan kerjamu. Tidak mau kan dianggap buruk hanya karena kamu kelihatan tidak bersemangat di hari pertama?

5. Dilarang keras mengeluarkan keluhan di hari pertama kamu kerja.


Seberat apapun pekerjaannnya, jangan keluarkan keluhanmu. Terutama di depan rekan kerja yang baru kamu temui hari itu. Jangan juga menceritakan keburukan perusahaan lamamu. Mengeluh hal-hal ini tidak membuat kamu terlihat keren. Malah mereka akan berpikir hal yang negatif padamu.

6. Apapun yang kamu temui, dibawa enjoy saja pokoknya.


Tidak ada awal yang gampang di hari pertama kamu kerja. Baik susah, senang, ataupun takut, apapun perasaannya, yang penting dibawa enjoy saja. Hal ini akan melatihmu menjadi lebih baik lagi untuk karirmu ke depannya.
Apalagi di tempat baru nanti, belum tentu kamu akan bekerja atau mendapatkan suasana sesuai yang kamu harapkan. Karena itu, nikmati saja prosesnya. Itu semua pasti akan menjadi pengalaman yang berharga untukmu kok.


Sumber: www.idntimes.com
Nama: Aribah Roviana - AP 201

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar