Mindset yang Perlu Anda Miliki untuk Sukses Dalam Bekerja

shares |

1. Think Positive

Berpikir positif disini artinya berpikir dan berharap bahwa hal-hal positif dan baik akan terjadi pada diri Anda.
Harus kita akui, dalam hidup, kita pasti kadang mengalami tantangan dan masalah. Semua orang saya rasa akan mengalami. Tetapi bedanya, dari pengamatan saya terhadap banyak orang, mereka yang sukses dan mendapat ‘nasib’ baik adalah orang yang memiliki pengharapan positif terhadap segala sesuatu.
Orang yang negatif, selalu berpikir keburukan yang bisa terjadi. Otak dan pikiran mereka penuh dengan prasangka negatif, berpikir segala sesuatu itu sulit, tidak mungkin dan mustahil.
Saat orang positif mengalami musibah, mereka berkata “Ya ini musibah, kita jalani saja, besok pasti akan jadi lebih baik
Saat orang negatif mengalami musibah, mereka berkata “Ya kan saya ini memang sial melulu, habis gini pasti ada lagi yang tidak beres“. Ya terjadi lagi deh musibah untuk orang-orang seperti ini 
Jadi daripada Anda berkata  : “Saya gaptek, tidak mungkin saya sukses di bisnis online”
Lebih baik Anda berkata : “Saya gaptek, tapi itu karena belum biasa saja.  Saya juga mau sukses di bisnis online, bagaimana caranya ya?”
Anda bisa lihat bedanya orang yang berpikir positif dan negatif?
Coba renungkan dan refleksikan, apakah Anda tergolong orang yang sering berpikir positif atau lebih dominan berpikir negatif?
Jika Anda merasa lebih dominan yang negatif, sadari bahwa itu semua sebenarnya hanyalah program masa lalu Anda, yang terus Anda ulang-ulangi terus.
Putuskan untuk mengganti file atau CD pikiran negatif yang terus Anda putar, ganti dengan file atau CD pikiran positif yang lebih mendukung Anda untuk membuat perubahan dan menarik hal-hal positif dalam hidup Anda.

2. Berani Gagal

Anda mungkin merasa mindset berani gagal itu aneh, kok orang disuruh berani gagal? 
Hal ini karena saya melihat  kebanyakan orang tidak sukses, seringkali karena mereka kurang banyak mengalami kegagalan he..he..
Mereka begitu takut mengalami kegagalan sehingga mereka takut dalam mencoba segala sesuatu. Mereka trauma dengan yang namanya kegagalan.
Padahal yang sebenarnya adalah…
SETIAP ORANG SUKSES, PASTI PERNAH mengalami KEGAGALAN.
Hanya dengan memiliki keberanian untuk gagal, maka Anda berarti berani untuk sukses karena artinya Anda berani untuk memulai atau mencoba sesuatu yang baru. Dan saat Anda berani untuk mencoba sesuatu yang baru, Anda jadi punya peluang untuk sukses.
Saya kadang kasihan dan sedih melihat orang-orang yang sudah tahu bahwa apa yang dia lakukan selama bertahun-tahun,  tidak membawanya ke kesuksesan yang dia inginkan, tapi karena takut gagal, tidak berani untuk memulai atau mencoba sesuatu yang baru.
Jadi beranilah mengalami kegagalan, beranilah untuk memulai sesuatu yang baru. Saat mengalami kegagalan, tidak masalah, Anda belajar sesuatu dari situ dan coba lagi sesuatu yang baru.
Itulah yang dilakukan semua orang sukses dalam hidupnya.

3. Fokus
Ingat tidak saat Anda kepepet dengan deadline sebuah project, pikiran Anda hanya memikirkan bagaimana menyelesaikannya tepat waktu. Anda begitu fokus sehingga kurang tidur pun tidak jadi masalah, dan akhirnya Anda bisa selesai tepat waktu.
Ya itulah kekuatan dari sebuah FOKUS.
Saya seringkali juga  masih harus mengingatkan diri saya untuk fokus karena kadang terlalu banyak project yang harus dikerjakan dalam satu saat.
Jadi pilihlah project, bisnis atau pekerjaan  yang ingin Anda tuntaskan dengan baik, Fokuskan seluruh energi dan pikiran Anda untuk menyelesaikannya. Setelah itu baru next project atau task.
Anda akan melihat hasilnya seringkali akan jauh lebih baik daripada Anda mengerjakan berbagai project atau memulai beberapa bisnis baru sekaligus.

4. Siap Kerja Keras

Saya yakin Anda sudah tahu hal ini. Untuk sukses, Anda perlu siap kerja keras. Siap lembur, siap doing extra untuk meraih goal yang ingin Anda capai.
Tentu tidak selamanya kita harus kerja keras sebagai entrepreneur. Saat apa yang Anda tanam sudah mulai panen, bisnis Anda sudah ada sistem, bisnis Anda sudah ada tim yang membantu, maka Anda bisa lebih santai.

5. Konsisten dan Sabar
Semua orang sukses yang saya kenal dan para alumni BBI yang sukses, mereka melakukan kerjanya dengan konsisten dan sabar.
Walaupun awalnya mungkin belum ada hasil, tapi tetap melakukan apa yang harusnya dilakukan. Disiplinkan diri Anda untuk melakukan rutinitas yang harus dilakukan.
Jika setiap hari perlu riset produk baru, ya lakukan riset produk baru setiap hari. Jika setiap hari perlu menulis artikel, ya tulislah artikel setiap hari.
Be Consistent!
Dan Anda harus sabar saat hasil yang diharapkan belum berbuah. Evaluasi kerja Anda, apa yang bisa diperbaiki. Ulangi dan lakukan lagi.
Be Patience!
Orang yang gagal, hampir seluruhnya tidak konsisten dengan kerjanya dan tidak sabaran saat hasil  yang diharapkan belum ada. Mereka tidak sadar, seberapa dekat mereka dengan kesuksesan, asal mau untuk konsisten dan sabar.

6. Komitmen
Saat Anda sudah memutuskan  untuk melakukan sesuatu, ambillah komitmen untuk memastikan Anda akan melakukan hal tersebut, tidak peduli Anda sedang ingin/mood atau tidak untuk mengerjakannya.
Saya mendapat contoh nyata tentang hal ini dari orangtua saya sendiri. Toko orangtua saya buka dari jam 7 pagi s/d jam 1 siang, tutup 1 jam, buka lagi jam 2 siang s/d 9.30 malam. 7  hari seminggu, bahkan di banyak hari besar pun tetap buka. Very long long hours!
Sejak kecil saya melihat mereka buka toko, tidak peduli lagi capek, tidak peduli lagi gak enak badan, tidak peduli lagi ingin buka atau tidak, mereka pastikan tokonya akan buka pada jamnya. Pokoknya dicari jalannya agar toko tetap buka! Itulah komitmen!
Dan itulah mindset dari orang sukses, mereka akan membuat bagaimana caranya agar melakukan apa yang harus dilakukan. Ambil komitmen dan konsisten.

7. Pantang Menyerah

Saat Anda sudah kerja keras, sudah komitmen, sudah konsisten, tetapi belum ada hasil, milikilah semangat untuk pantang menyerah.
Memang mudah untuk menasehati orang lain untuk pantang menyerah, tetapi menjalaninya sendiri tidaklah gampang.
Itulah yang saya alami saat saya terpuruk, lalu mencoba berbagai hal tetapi belum berhasil. Hati penuh keraguan, apa betul ya saya itu bisa jadi sukses?
Tidak mudah untuk pantang menyerah saat Anda tidak percaya dengan diri Anda sendiri.
Satu-satunya yang bisa saya lakukan untuk menghibur diri saya adalah membaca dan mengingat profile orang sukses seperti Thomas Alfa Edison (penemu lampu), Kolonel Sanders (KFC) dan lain-lain yang sering dibahas di buku-buku motivasi.
Ya, kalau saya berhenti, hidup saya cuma akan jadi kisah gagal. Tapi kalau saya terus bangkit, berusaha dan jadi sukses.
Itulah 7 mindset yang perlu Anda miliki untuk sukses di bidang apapun. Jadi percaya dan  yakinlah bahwa:
Mindset Anda atau Cara Berpikir Anda lah yang akan membawa Anda meraih tujuan, impian dan goal besar Anda.

SUMBER: http://belajarbisnisinternet.com/7-mindset-yang-perlu-anda-miliki-untuk-sukses-di-apapun/
Penulis: Melita - Ap202

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar