Motivasi Utama agar Sukses dalam Dunia Kerja

shares |

Prinsip Motivasi Utama agar Sukses dalam Dunia Kerja




Pernahkah Anda terpuruk, tidak bisa berpikir lagi dan ingin mengakhiri hidup Anda? Semoga ini tidak terjadi pada kehidupan Anda, memang kita tidak bisa lepas dari masalah.
Yang namanya manusia pasti punya masalah selama dia hidup, kalau tak ingin punya masalah, ya jangan hidup! Itu salah satu perkataan yang sering kita dengar dalam kehidupan ini, hidup memang penuh masalah, tapi jangan jadikan masalah awal khancuran Anda.
Masalah sebenarnya adalah hal yang membuat kita tambah dewasa, tambah pintar berpikir dan memecahkan masalah tersebut.
Tapi, sayang manusia kadang tak bisa memotivasi dirinya sendiri, mereka cenderung menyalahkan diri dan akhirnya jatuh dalam masalah. Motivasi adalah salah satu bagian penting dari masalah yang Anda hadapi.
Motivasi memiliki prinsip dan masing-masing orang memiliki prinsip motivasi yang berbeda. Sebagian orang menggunakan motivasi agar mereka bisa meraih sukses, namun beberapa orang membutuhkan motivasi agar terlepas dari masalah yang dihadapinya.
Tiap orang memiliki prinsip motivasi yang berbeda, demikian juga Anda. Bagi seorang pemimpin, mereka mnerapkan suatu kebijakan untuk memberikan motivasi kepada anak buahnya, motivasi tersebut bisa berupa material maupun non material.
Semua jenis motivasi yang diberikan seorang pimpinan kepada bawahan, hal ini berdasarkan pada prinsip-prinsip motivasi. Di lingkungan kerja banyak masalah yang akan terjadi, jika individu tidak memiliki motivasi yang kuat, bisa jadi dia akan bermasalah dalam kerjanya.
Pada umumnya prinsip motivasi dalam dunia kerja ada bermacam-macam, hal ini tergantung masing-masing individu. Permasalahan yang sering dihadapi oleh banyak orang dalam dunia kerja adalah permasalahan gaji atau jaminan upah minimum yang diberikan manajemen kepada karyawannya.
Dan pada dasarnya memang tidak ada seorang karyawan pun yang ingin berada pada situasi kurang menyenangkan dimana dia mendapatkan gaji kecil atau gaji yang tidak sesuai dengan kinerjanya. Masalah ini bukanlah hal yang sepele, namun mereka membutuhkan motivasi agar tidak meninggalkan pekerjaan di tempat tersebut dan mencari manajemen lain yang bisa memberikan gaji lebih besar.
Dalam dunia kerja pun sering timbul suatu ketetapan yang membuat karyawan bisa senang namun kadang juga bisa membuat karyawan merasa depresi. Ketetapan manajemen kadang mempunyai efek yang psikologis baik efek positif maupun negatif. Prinsip motivasi pada dasarnya menunjukkan bahwa motivasi tersebut harus dirumuskan secara hati-hati.
Perumusan motivasi yang hati-hati tersebut dimaksudkan agar perusahaan bisa memberikan kesempatan bagi karyawan untuk meningkatkan jumlah penghasilan mereka. Prinsip motivasi selanjutnya adalah dalanya sistem yang membuat motivasi tersebut berhasil menjadikan seseorang atau beberapa orang sukses. Mereka bisa berubah lebih baik dan motivasi tersebut bisa tertanam dalam setiap langkah karyawan.
Beberapa prinsip motivasi yang sering digunakan adalah:
1. Kebiasaan
Kebiasaan seseorang dalam bekerja tidak sama dengan orang lain, motivasi yang dibutuhkan pun juga berbeda. Anda sebagai manajer tidak bisa langsung memberikan motivasi pada karyawan tanpa mengetahui bagaimana kebiasaan mereka. Untuk memberikan motivasi kepada karyawan atau orang lain, Anda harus memahami kelakukan orang-orang tersebut sehingga motivasi yang diberikan jauh lebih efektif daripada tidak mengetahuinya sama sekali.
2. Rasa takut
Rasa takut yang berlebih akan membuat seseorang menginginkan peran orang lain untuk memberikan motivasi kepadanya. Motivasi akan menghilangkan rasa takut seseorang yang berlebih bahkan saat di dunia kerja. Takut adalah salah satu alasan mengapa motivasi diperlukan. Prinsip motivasi yang baik adalah memahami mengapa seseorang merasa takut dan bagaimana rasa takut itu akan hilang dengan mudah dan tidak kembali lagi.
3. Ingin lebih baik
Pada prinsipnya motivasi akan mendorong seseorang menjadi lebih baik, bahkan akan membuat suatu perusahaan jauh lebih baik. Prinsip motivasi adalah menjadikan sesuatu atau seseorang menjadi lebih baik.
4. Pemecahan masalah
Seseorang akan jauh lebih mudah untuk memecahkan masalah ketika mereka mendapatka motivasi yang tepat. Prinsip motivasi adalah untuk membantu manusia dalam pemecahan masalah. Jika seseorang mengalami masalah, dia mendapatkan motivasi yang tepat, hal ini akan membangkitkan rasa percaya diri mereka untuk segera menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Prinsipnya, motivasi memang dibutuhkan dalam semua persoalan hidup dan juga masalah pekerjaan.





Indah Safitri AP202
sumber: http://rajapresentasi.com/2014/12/prinsip-motivasi-utama-agar-sukses-dalam-dunia-kerja/

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar

-->