Outing Class Kewirausahaan II "Pasar Pagi Juanda"

shares |



Nama Kegiatan                   : Outing Class Kewirausahaan II "Pasar Pagi Juanda"
Nama Anggota Kelompok   : 1. Ananda Putri
                                              2. Intan Fitriana
                                              3. Siti maeysaroh
                                              4. Syifa Fauziah
                                              5. fenidafitri
                                              6. Widia Dewi Ismi Salam
Bentuk Kegiatan                 : Mewawancarai Pedagang
Hari/Tanggal                       : Minggu, 26 Februari 2017
Waktu                                 : 07.00 - 10.00 WIB
Tempat                               : Pasar Pagi Juanda Depok


Pada hari minggu tanggal 26 Februari 2017, saya dan teman-teman saya bersama Ibu JuliatI Sjarief melakukan kegiatan Outing Class untuk mata kuliah Kewirausahaan II. Pada saat itu kegiatan dilakukan bersama dengan AP 201.
Sebelum kegiatan outing class berlangsung, saya dan teman-teman saya sudah terlebih dahulu mensurvei keadaan tempat untuk dipakai kegiatan outing class. 
Pada pukul 06.00 saya dan teman- teman berkumpul terlebih dahulu dikampus untuk bersama-sama pergi ke Pasar Pagi Juanda Depok, setelah sampai disana kami berkumpul di gedung setengah lingkaran untuk menunggu kedatangan Ibu Juliati.

acaranya pun dimulai dan kita dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan kelasnya masing-masing. Kami diberi tugas untuk mewawancarai para pedagang yang ada di pasar tersebut. Tujuan dari tugas ini adalah untuk mencari informasi bagaimana caranya membuka usaha dengan cara yang berbeda-beda dengan modal yang beragam dan juga memberikan wawasan kepada kita para mahasiswa yang akan menjadi enterpreneur muda. Kamipun menjalankan tugas ini sebaik mungkin dengan instruksi yang sudah diberikan oleh Ibu Juliati.

pada saat itu saya dan teman kelompok saya mewawancai pedagang slime yang bernama Ibu Siti, Ibu siti sudah membuka usahanya sejak tahun 2014, pertamanya beliau hanya membuat slime untuk anaknya yang saat itu sedang senang-senangnya bermain slime, lalu Ibu Siti pun berfikir untuk menjual slime buatannya tersebut. Dengan modal Rp 700.000 Ibu SIti kini dapat penghasilan sekitar Rp 30.000.000 per bulan. Pertama kali menjual slime beliau memasarkan dagangannya lewat social media yaitu instagram dan pada tahun 2017 berlanjut kebazar-bazar. Pernah Ibu siti ditipu oleh temannya dan uang hasil dagangannya dicuri oleh temannya sehingga beliau tidak mempunyai modal untuk berjualan kembali, namun dikeadaannya yang pada saat itu sedang terpuruk Ibu siti tidak menyerah untuk mencoba menjual kembali dagangannya dengan modal seadanya yang diberikan oleh suaminya.
Dari kisah Ibu Siti tersebut saya jadi belajar bahwa pada saat berjualan tidaklah semuanya untung, dari kegagalan tersebut dapat membuat kita memperbaiki diri serta mempertajam naluri. 

nama:AnandaPutri
kelas: ap202

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar