Terungkap! Kunci Kesuksesan dalam Pekerjaan dengan Meningkatkan Ketenangan Diri

shares |


Kunci Kesuksesan dalam Pekerjaan dengan Meningkatkan Ketenangan Diri merupakan artikel yang menurut saya harus dibaca bagi teman-teman yang pengen sukses dalam pekerjaannya. 
Pernahkah kita bertanya pada diri sendiri, mengapa pekerjaan yang saya lakukan tidak optimal. Banyak faktor yang membuat pekerjaan kita tidak baik salah satunya karena tidak memiliki sikap tenang dalam menyikapi hal-hal yang terjadi dalam pekerjaan. 
Banyak hal-hal yang tak terduga saat kita bekerja. Berbagai halang rintang pasti akan ditemui. Misalkan beberapa kasusnya, dikomplain pelanggan, produk kita mendapat saingan baru, difitnah oleh pesaing, penjualan menurun drastis, permasalahan manajemen perusahaan, dimarahi atasan karena berbuat kesalahan, mendapat proyek baru dan masih banyak lagi.
Ketika hal itu terjadi penyikapan kita terhadap masalah tadi akan menentukan bagaimana kedepannya. Apakah keadaannya semakin buruk atau lebih baik. Tentunya yang kita inginkan semuanya menjadi baik kan.
Ketika hal itu terjadi penyikapan kita terhadap masalah tadi akan menentukan bagaimana kedepannya. Apakah keadaannya semakin buruk atau lebih baik. Tentunya yang kita inginkan semuanya menjadi baik kan.
Nah, yang harus kita lakukan saat ada permasalahan-permasalahan atau tantangan dalam bekerja yaitu menenangkan diri. Sikap tenang ini merupakan salah satu faktor keberhasilan seseorang dalam pekerjaannya, apapun pekerjaannya.


Jika hadiah kehidupan yang terbesar mendatangi Anda, bersyukurlah. Tapi, jika keberuntungan melewati Anda, tenanglah.
Orang yang tenang akan terlihat lebih sehat karena bisa menikmati hidup dan mampu menghadapi berbagai rintangan. Dengan ketenangan kita dapat mengatasi semua masalah dalam perkerjaan dan tidak menjadi korban keadaan.


Yuk simak tipsnya:
Kenali karakter diri sendiri dan orang lain
Sebagai manusia, kita harus mengenali seperti apa karakter diri kita. Hal ini bertujuan agar kita mampu memaksimalkan potensi diri yang kita miliki, sehingga potensi yang sudah ditingkatkan akan membantu saat bekerja. Selain itu mengenali diri dapat mendeteksi kekurangan kita, sehingga bisa kekurangan tersebut bisa kita perbaiki.

Mengenal karakter orang lain juga sama pentingnya. Dengan mengenali karakter klien, bawahan, atasan, pelanggan, dan orang-orang yang ada disekitar kita, kita pun dapat memahami dan mampu membangun komunikasi dan hubungan yang baik. Hubungan yang baik akan membantu kita menyelesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan mereka.

Mengenal diri sendiri dan orang lain akan membuat kita tenang, karena kita bisa menguasai keadaan. Penguasaan diri dan keadaan sekitar akan membuat kita percaya diri bahwa kita mampu menyelesaikan apapun masalah yang datang.
  • Belajar Sejarah
Mengapa dengan belajar sejarah kita dapat meningkatkan ketenangan diri?
Dibawah ini akan dipaparkan alasannya.
  1. Pengetahuan masa lalu membantu memahami segala sesuatu di masa kini dengan sudut pandang yang tepat.
  2. Pahami kisah tentang manusia, agar tidak mudah terkejut dan gelisah.
  3. Perluas wawasan dengan kejadian-kejadian masa lalu untuk meningkatkan ketabahan diri kita dalam menanggung beban hidup.
  4. Belajar sejarah akan membuat kita sadar akan makna dan tujuan hidup.Yakin bahwa kita memiliki peran dalam kehidupan.
  • Buang kekhawatiran, benci, iri, kepahitan, dan ketakutan
Menagap harus dibuang? Karena sifat-sifat tersebut dapat membunuh diri kita sendiri. Permasalahan dalam pekerjaan akan sulit diatasi jika kita masih menyimpan "penyakit hati ini". Lepaskan semuanya, ikhlaskan.

Jadilah orang pemaaf. Memaafkan diri sendiri dan orang lain. Sibukkan dengan mencari solusi dan terus memperbaiki diri. Terus berfikir positif dalam setiap keadaan. Yang paling penting adalah selalu berfikir positif pada diri kita sendiri.
Pikiran positif tidak akan bekerja bagi yang berfikir negatif tentang dirinya sendiri.

  • Rileksasi
Tips selanjutnya yaitu melakukan relaksasi sebelum tidur. Rasa gelisah, khawatir, stress bisa diakibatkan oleh tidur yang tidak nyenyak atau tidak berkualitas.  

Sebelum tidur lakukan hal ini, kendurkan semua otot dalam tubuh, terutama otot wajah. Tarik nafas panjang dan simpan udara di perut, tahan beberapa saat, lalu hembuskan perlahan. Lakukan beberapa kali sampai diri kita merasa lebih tenang atau rileks.
  • Hemat energi
Bukan berarti kita malas-malasan ya. Maksud hemat energi disini yaitu mengefektifkan energi yang kita gunakan dalam bekerja. Jika pekerjaan bisa dilakukan bersama tim, maka janganlah dikerjakan sendiri. Tidak menunda-nunda pekerjaan juga bisa membantu menghemat energi.

Fisik yang letih akan mempengaruhi ketenangan diri. Biasanya kalau lelah emosinya akan naik. Kurangi keletihan maka ketegangan pun berkurang.
  • Senyum dan senangkan diri
Walau pun kita sibuk bekerja, luangkanlah waktu untuk berlibur. Berkumpul dengan keluarga dan teman-teman. Atau bisa juga meluangkan waktu setiap hari untuk menonton acara komedi di televisi. 
  •  Miliki hobi
Melakukan hobi secara teratur akan mengembangkan ketenangan, serta membantu kita menjadi puas, rileks dan bahagia. Hobi akan membuat kita lebih sibuk dengan sesuatu yang menyenangkan diri. 
Itulah beberapa hal yang kita bisa lakukan untuk meningkatkan ketenangan diri. Agar kita mampu sukses dalam bekerja, yuk langsung praktekkan Kunci Kesuksesan dalam Pekerjaan dengan Meningkatkan Ketenangan Diri.


Nuraini - AP 201
http://googleweblight.com/?lite_url=http://opinisangpemimpi.blogspot.com/2015/05/kunci-kesuksesan-dalam-pekerjaan-dengan-meningkatkan-ketenangan-diri.html&ei=yx6Uzo1v&lc=id-ID&s=1&m=343&host=www.google.co.id&ts=1497757556&sig=ALNZjWmtGj01DZ79n2ysdvohonnddiPseQ

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar