Motivasi Sukses Di Dunia Kerja

shares |

Motivasi Sukses Di Dunia Kerja

Setiap orang pasti ingin sukses dalam hidupnya. Sukses dalam kehidupan keluarga, sosial dan budaya terutama sukses dalam menggapai karir di dunia kerja. Dunia kerja adalah dunia yang penuh tantangan.Orang-orang yang sukses adalah orang-orang yang berani dan berhasil menghadapi tantangan dunia kerja. Dalam dunia kerja kesuksesan tidak datang secara tiba-tiba melainkan harus dilakukan dengan kerja keras dan tidak kenal lelah. Meraih kesuksesan tidak semudah kita membalik telapak tangan, namun juga tidak sesulit yang kita bayangkan.
Dalam dunia kerja, tidak semua orang bisa berhasil dan sukses akan tetapi ada juga yang gagal. Keberhasilan dan kegagalan seseorang dalam dunia kerja ditentukan oleh seberapa besar usaha yang mereka lakukan serta rasa optimisme untuk berhasil. Sementara, kebanyakan orang-orang yang gagal adalah orang-orang yang telah berusaha akan tetapi kurang percaya diri.
Dalam buku ini terdapat kemampuan-kemampuan yang termasuk dalam soft skill mencangkup tiga hal pokok yaitu sikap, komunikasi dan etika. Ketiga kemampuan tersebut merupakan kendaraan yang dapat mengantar kita untuk sukses di dunia kerja dan juga merupakan bagian dari seni membawa diri di dunia kerja. Membawa diri yang dimaksudkan dalam dunia kerja adalah bagaimana kita bersikap dan berperilaku sesuai dengan tata cara, serta aturan di lingkungan kerja. 
Di buku ini, soft skills sendiri dipahami sebagai kemampuan seseorang mempresentasikan dirinya dalam lingkungan sosialnya secara luas. Soft skills meliputi kemampuan berkomunikasi, baik sebagai lawan bicara atau berbicara diforum umum dan keserasian hubungan dengan orang lain, dengan mitra kerja, dalam organisasi dan dengan masyarakat luas. Karena itu soft skills berperan sangat penting dalam suksesnya kehidupan seseorang. Jadi, untuk mengembangkan soft skill kita harus terlebih dahulu membangun kekuatan pribadi. Setelah itu kita melanjutkan dengan membangun keterampilan interpersonal, yaitu bagaimana seni berhubungan dengan orang lain.
Di dalam buku ini tidak hanya memberitahukan bagaimana meraih kesuskesan pada diri kita. Akan tetapi, juga memberikan kita motivasi, semangat, tips-tips untuk sukses di dunia kerja dan tidak mudah menyerah. Meski penulis tidak membuat semua isi menjadi bentuk kalimat paragraf tapi ada yang dijadikan beberapa poin, maka dari itu justru lebih mudah bagi kita untuk memahami isi dari cerita tersebut dan mudah dipahami. Buku ini merupakan buku nonfiksi yang ditulis berdasarkan Pengalaman penulisnya yang berisi tentang kesuksesan. 
Buku ini di tulis oleh Teguh Sutanto, ia pernah mengeyam pendidikan di ITS (Intstitut Teknologi Sepulum Nopember Surabaya ). Sekarang ia sebagai dosen di STMIK Surabaya. Teguh sutanto juga terlibat dalam empat proyek yaitu, EQS, Happy Kids Programming Project, Laboratorium Bahasa Inggris Berbasis PC Android, dan  Internet Cable. “Teguh Sutanto, seorang motivator, akademisi dan penulis yang telah berhasil mengembangkan dirinya. Buku ini menggambarkan proses pengembangan diri penulis hingga sukses seperti sekarang”. 
Kelebihan dari buku ini yaitu di mana penulis juga memberikan kata-kata mutiara, selain itu juga menambah motivasi dalam diri kita. Jadi, pembaca tidak merasa rugi membaca buku ini. Penulis juga memberikan arahan kepada kita, apa yang harus kita lakukan setelah memahami isi dari buku ini. Dengan itu, maka kita lebih mudah menerapkan apa saja yang terdapat di dalam buku ini. Disisi lain buku ini memiliki kekurangan, seperti masih ada sejumlah kata-kata yang kemungkinan sulit dipahami, juga ada beberapa kata kalimat pengulangan.Walaupun buku ini memiliki kekurangan tetapi isinya dapat menginspirasikan kita.
Dengan membaca buku ini kita dapat mengetahui cara-cara untuk sukses di dunia kerja, menambah wawasan tentang dunia kerja. Saya pikir buku ini sangat baik untuk di baca karena banyak memotivasikan kita untuk sukses di dunia kerja. Apalagi, langkah-langkah yang sistematis dalam buku ini dapat menjadi panduan yang lengkap dalam mengolah dan mengembangkan potensi yang ada dalam diri kita.

#M.Hilmy Nur aziz
Sumber : http://juwitaanggriani.blogspot.co.id/

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar