Tips Bersaing di Dunia Kerja

shares |

Sembilan Strategi Agar Mampu Bersaing di Dunia Kerja

A group of three smiling business people working at a laptop computer
Peningkatan karir erat kaitannya dengan memenangkan persaingan kerja. Ya, Anda harus bisa menunjukkan kalau Anda yang terbaik dan layak mendapatkan promosi lebih tinggi lagi. Yang menjadi masalah, sering kali muncul persaingan tidak sehat. Padahal persaingan kerja secara sehat akan memacu karyawan untuk tertantang memberikan yang terbaik bagi tempat kerja mereka. Nah dengan dibukanya pasar persaingan global, para pesaing Anda bukan lagi karyawan asal negeri sendiri. Tapi juga dari belahan dunia lain. Menurut artikel5 Tips Menghadapi Persaingan Kerja di Kantor dalam situs pencari kerja jobsdb.com, yang harus Anda pahami adalah persaiangan di dunia kerja adalah hal normal. Dan berikut tips agar Anda bisa memenangkan persaingan karir:

Kuasai Beberapa Bahasa Asing

Anda harus memiliki skill di bidang bahasa asing. Makin banyak bahasa asing yang dikuasai, maka kemungkinan Anda memenangkan persaingan akan semakin besar. Apalagi bila Anda mampu bercakap-cakap dengan bahasa asing yang jarang dipergunakan orang, seperti bahasa Mandarin, Korea, Jepang, atau Rusia. Sebab keempatnya termasuk negara industri yang layak dipertimbangkan. Lancar berbahasa asing juga memudahkan Anda bernegosiasi atau berbisnis dengan orang asing. Bukan itu saja, peluang Anda untuk bekerja di banyak tempat dan negara juga akan semakin besar.

Jangan Hanya Jadi Spesialis

Memenangkan persaingan kerja juga berhubungan dengan berani belajar hal baru, selain keahlian yang Anda miliki. Jangan karena ahli di suatu bidang, Anda menolak atau merasa tidak mampu untuk mencoba bidang lainnya. Karena bila Anda bisa melakukan banyak hal dan mengerti hal baru, nilai tawar di mata si bos pun akan meningkat.

Learn quickly!

Penting belajar dengan cepat juga penting untuk Anda. Karena persaingan kerja di masa kini semakin keras dan bergulir cepat. Pastikan Anda banyak bertanya bila tidak mengerti dan mencari informasi sebanyak-banyaknya bila mengerjakan proyek pekerjaan baru. Selalu ada orang yang lebih pintar dari Anda, jadi usahakan Anda belajar dua kali lebih keras dari mereka. Tak perlu malu juga untuk belajar dan mengambil ilmu dari mereka.

Membentuk Pribadi yang Tangguh

Untuk memenangkan persaingan kerja, Anda harus menjadi pribadi yang kuat, beretika, menyenangkan, dan pandai mengendalikan diri. Jangan sampai Anda cepat marah, mudah tersinggung, dan juga tidak bisa menempatkan diri.
Banyak sekolah atau kursus yang mengajarkan soal leadership atau kepemimpinan. Namun sebenarnya Anda bisa mendapatkan materi ini melalui internet atau belajar secara online. Bila pintar menempatkan diri, Anda akan disukai pimpinan, rekan kerja di dunia bisnis, dan karir Anda bisa lebih maju.

Belajar Percaya Diri

Mulailah belajar percaya diri. Karena ini jadi hal penting untuk memenangkan persaingan. Jangan pernah minder karena hanya akan mempengaruhi Anda bersikap dan bertingkah laku. Biasanya atasan menyukai karyawan yang percaya diri dan selalu yakin pada kemampuannya sendiri.

Berani Mempromosikan Diri

Anda harus bisa mempromosikan diri kalau Anda adalah terbaik untuk suatu pekerjaan. Jangan malu-malu, karena Anda bisa disingkirkan saingan. Selain berpromosi, Anda juga harus menunjukkan kalau Anda memang mampu melakukan sesuatu. Bukan cuma no action talk only alias tidak berbuat apa-apa.

Tidak Gagap Teknologi




Zaman sekarang tidak akan pernah bisa lepas dari teknologi. Jadi pastikan Anda tidak menjadi karyawan yang gaptek alias gagap teknologi. Misalnya lihat membuat presentasi dengan teknologi terbaru layaknya program Prezi, mencari ide lewat Pinterest, ataupun mengikuti isu terkini di aplikasi Kurio.

Menjadi Sosok Aktif di Media Sosial

Anda juga harus aktif bersosialisasi dengan menggunakan media sosial. Cara ini sangat efektif untuk mempromosikan diri. Misalnya Anda bisa aktif di LinkedIn yang merupakan media sosial profesional dan karir. Anda bisa memberikan latar belakang karir Anda di sana, sehingga calon bos baru bisa melihatnya. Dengan begitu Anda bisa mencari kesempatan kerja dan karir profesional, baik di dalam maupun luar negeri.

Ikuti Training untuk Profesional

Selain belajar di kantor, banyak sekali training untuk karyawan profesional yang bisa Anda ikuti untuk menambah skill dan pengetahuan untuk pekerjaan yang tengah digeluti. Jadi jangan ragu untuk meluangkan waktu selama beberapa pekan untuk masuk kelas dan belajar dari ahlinya. Sebab karyawan yang ikut training biasanya akan memenangkan persaingan kerja ketimbang pegawai yang hanya bekerja saja.

Nama : Widia Dewi Ismi Salam
Kelas : AP-202 

Sumber : http://www.astralife.co.id/ilovelife/sembilan-strategi-agar-mampu-bersaing-di-dunia-kerja/

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar