Berlibur Dipasir Putih Sawarna Banten

shares |

Pada saat semester 4 selesai kami berencana melakukan liburan ke wilayah Banten, banyak alternatif wisata disana sehingga membuat kami bingung maka dari itu kami melakukan diskusi terlebih dahulu untuk memastikannya, setelah berdiskusi kami memutuskan untuk berwisata ke Pantai Pasir Putih Sawarna. Saya rasa pantai merupakan salah satu tempat yang pas untuk sejenak melepas penak dari kesibukan kuliah sob hehee.



Kami melakukan perjalanan dari depok sekitar pukul 20:00 WIB, dipertengahan jalan menuju pantai sawarna letaknya di Sukabumi kami melakukan Istirahat sambil memakan bekal yang kami bawa. Setelah istirahat selasai kami melanjutkan perjalanan, nampaknya jalanan cukup sepi waktu itu untuk dilewati mobil yang kami bawa sehingga tidak terlalu lama untuk tiba di dedesa Sawarna ini. Ketika sampai disana kami mencari warung untuk di singgahi sambil mencari informasi tambahan seputar wisata pulau sawarna ini dan tak lupa kami mencari tempat ibadah unutk melaksanakan kewajiban Sholat Isya.


Sejarah
Nama pantai sawarna diambil dari nama KepDes (Kepala Desa) pertama di tempat tersebut. Kepala desanya  bernama Swarna, beliau sekaligus merupakan tokoh kampung Desa Sawarna. Kemudian salah satu alasan Pantai yang indah tersebut dinamakannya Sawarna untuk menandai bahwa penduduk setempat itu satu warna yakni masyarakat sunda. Kemudian mengapa nama Swarna bisa menjadi Sawarna??? Karena satu warna pada bahasa sunda adalah Sawarna.

Info wisata
Pantai Sawarna merupakan salah satu pantai yang berada di Banten, yang memiliki pemandangan yang luar biasa dengan hamparan batu karang yang indah serta ombak yang lumayan besar disetiap pantainya. Sehingga membuat penggunjung betah berlama-lama area pantai. Oiya Menurut informasi yang saya dapat sob ternyata di sekitar area desa Sawarna ini terdapat beberapa wisata lainnya. Diantaranya : Pantai Pasir Putih Sawarna, Gua Lalay, Gua Langir, Karang Bokor, Pulo Manik, Karang Taraje, Legon Pari, Karang Bereum dan Tanjung Layar.

Lokasi
Nah dibagian ini kalian harus tau sob, bahwa Pantai Sawarna itu terletak di wilayah Banten, bukan wilayah kabupaten Sukabumi. Lokasinya sendiri terletak di desa Sawarna, Kecamatan Lebak, Banten. Letaknya yang berada di perbatasan antara Banten dan Sukabumi banyak orang salah menjelaskan letak wisata pantai ini.

Nama : Andhika Elfriza
Kelas : IK 302

Sumber artikel : jalanjalansob.com

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar