5 Cara Meningkatkan Motivasi Belajar, Agar Belajarmu menjadi Menyenangkan

shares |



1. Buatlah Agenda Belajar

Hal pertama jika kamu ingin meningkatkan motivasi belajar adalah dengan membuat perencanaan yang jelas. Jika kamu belajar tanpa tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya, maka kamu akan menghabiskan waktu untuk hal-hal yang kurang penting, fokusmu menjadi teralihkan dan kamu bisa kewalahan.
Cara membuat agenda belajar :
  • Buatlah daftar item apa saja yang hendak kamu pelajari.
  • Batasilah setiap item dengan jumlah waktu tertentu.
  • Buatlah agenda harian, mingguan dan bulanan.
2. Pahamilah Bagaimana Gaya Belajar Kamu
Setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Dan setiap metode pembelajaran memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut beberapa kiat mengenai gaya belajar:

Visual

pexels.com
Pembelajar visual bisa belajar dengan baik dengan menggunakan foto, gambar dan pemahaman tata ruang. Jika kamu bertipe visual, maka diagaram dan grafik bisa sangat membantu. Tandailah setiap tema dengan menggunakan warna yang berbeda.
Kamu juga dapat mengguankan flow chart ketika mencatat suatu hal untuk mendapatkan gambaran yang jelas dari konsep tertentu.

Auditori

pixabay.com
Pembelajar auditori bisa belajar dengan baik melalui bunyi. Gunakanlah rekaman pembelajaran dan memutarnya kembali, berbicara dengan ahlinya atau berdiskusi dengan kelompok. Kamu juga akan lebih nyaman dengan mendengarkan musik disaat belajar.

Kinestetik

Pembelajar kinestetik akan belajar dengan baik melaui penggunaan badan, lengan dan keterampilan. Kamu dapat melatih diri dengan mencari kata-kata untuk memperkuat pembelajaran, menggunakan komputer untuk mengetes kemampuan dan mengingat suatu hal ketika sedang berjalan.
Untuk kamu yang belum mengetahui tentang gaya belajar yang baik, kamu bisa mencoba semuanya. Gunakanlah gaya belajar yang menurutmu paling nyaman, agar cara meningkatkan motivasi belajar kita semakin menyenangkan.

3. Istirahatlah

500px.com
Istirahat juga merupakan faktor penting dalam meningkatkan motivasi belajar. Tidak ada orang yang mampu belajar terus-menerus di depan komputer, meja atau buku teks tanpa berhenti. Dengan beristirahat yang cukup kamu bisa mendapatkan energi untuk dapat belajar kembali.
Pastikan kamu beristirahat selama 10 sampai 20 menit dalam setiap waktu pembelajaran. Kamu bisa mencoba dengan cara meditasi yang benar, menggerakkan badan atau makan camilan selama waktu istirahat.

4. Hindari Gangguan Selama Belajar

Untuk menciptakan suasana belajar yang baik, hindarilah gangguan sebisa mungkin. Buatlah aturan untuk tidak bermain gadget, membuka sosial media dan melihat televisi selama waktu belajar. Jangan duduk disamping orang yang berisik atau orang yang mencoba mengajak ngobrol dengan kamu.
Lihatlah disekeliling kamu dan pastikan tidak ada sesuatu yang dapat mengalihkan perhatian ketika kamu sedang belajar.

5. Belajarlah dalam Suasana yang Baik

pexels.comSebenarnya tidak ada namanya suasana terbaik, mengenai hal itu hanya kamu yang bisa menentukannya sendiri. Sebagian orang memilih belajar di suasana santai kedai kopi, beberapa lagi memilih suasana yang benar-benar sunyi seperti kamar tidurnya, ada juga yang nyaman belajar di taman atau suasana outdoor, dan mungkin juga merasa lebih mudah jika berada di perpustakaan.Nah, mulai sekarang cobalah menemukan suasana yang menurut kamu paling baik. Dengan begitu motivasi belajar kamu perlahan namun pasti bisa 








sumber:https://notepam.com
  

danu ariyanto
ap 201


 

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar