5 Tips Cerdas & Elegan Hadapi Bos yang Galak

shares |

Idealnya, bos atau manager seharusnya adalah orang yang membimbing karyawannya sehingga menjadi orang sukses. Bukan hanya itu, mereka juga bertugas membimbing setiap karyawan untuk bisa berkembang dalam bidangnya.

Tapi, jika kebetulan kamu dihadapkan dengan bos yang otoriter bahkan galak, apa yang harus kamu lakukan? Apakah berpikir ingin pindah kerja saja walaupun kamu menyukai pekerjaanmu? Tentu tidak, kan? Jangan menyerah dulu, ikuti 11 tips cerdas untuk menghadapi bos yang galak di bawah ini.

1. Yakin bosmu adalah bos yang benar-benar buruk?Jangan dulu menilainya tidak kompeten hanya karena satu kali melihatnya berbuat salah.


Jangan keburu menilai jika kamu belum memastikan hal itu benar. Apakah bosmu adalah bos yang benar-benar buruk atau tidak. Jika iya kamu juga harus memastikan tentang apa alasannya dia menjadi bos yang buruk. Apakah itu memang karena kepribadiannya yang kurang baik atau didasari karena karyawan yang tidak bisa dia percaya. Biasanya, bos bersikap tidak toleransi karena karyawan tidak bisa menunjukkan sikap yang bisa dipercaya.

2. Jangan biarkan sikap bosmu mempengaruhi pekerjaanmu.


Segalak apapun bosmu, jangan sampai kamu terpengaruh dan akhirnya memikirkannya terus-menerus. Bosmu boleh galak, tapi pekerjaanmu tetap harus selesai. Bagaimanapun, kamu adakah karyawan yang harus bisa menyelesaikan tugas apapun yang diberikan. Jangan sampai sikap bosmu membuatmu tidak fokus dengan pekerjaanmu.

3. Cari tahu apa sebenarnya motivasi di balik sikap bosmu yang galak.


Apa dia memang galak atau galak itu hanya topeng atau dihormati oleh karyawannya, kamu harus mencari tahunya. Dengan mengetahui motivasi apa yang dia punya, itu juga bisa membantumu dalam mengerjakan pekerjaanmu. Selain itu, dari motivasinya kamu bisa menilai apakah dia bosmu benar-benar merupakan sosok yang buruk atau tidak.

4. Mencatat segala hal yang berhubungan dengan bos mu. Memiliki catatan sama dengan memiliki bukti.


Jika bosmu menyuruhmu untuk menyiapkan sebuah dokumen, maka pastikan kamu mencatatnya. Dengan mencatatnya, bosmu tidak akan pernah bisa mengelak jika dia menyuruhmu atau tidak menyuruhmu melakukan sesuatu. Dengan mencatat semua yang berhubungan dengannya juga membuatmu terlihat profesional karena kamu tidak akan melupakan apapun yang dia suruh.

5. Mengidentifasi pemicu dari sifat galaknya itu.


Karena tidak ada asap kalau tidak ada api, jadi sebaiknya kamu mencari tahu dulu kenapa bosmu bisa segalak itu. Kamu mungkin bisa mencari tahu lewat karyawan lain yang bekerja lebih lama dengannya yang siapa tahu mengetahui mengapa bosmu memiliki sifat yang galak. Dengan mengetahui alasannya, kamu akan lebih bisa menempatkan seperti apa kamu harus bersikap di depannya dan tidak melakukan sesuatu yang bisa tambah memicu amarahnya.


Sumber: https://life.idntimes.com/

Sylvania Azis
AP 202

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar