Beradaptasi Dikantor Baru? Inilah Motivasinya Untuk Membangkitkan Semangatmu

shares |

Bekerja di hari pertama di perusahaan yang baru, berbagai perasaan mungkin akan bercampur aduk di dalam hati Anda. Barangkali cemas, sedikit rasa takut atau bahkan Anda akan merasakan perasaan gugup ketika memasuki ruangan kerja dan bertemu dengan rekan-rekan yang baru di sana.
Apapun yang Anda rasakan ketika bekerja di hari pertama, pastikan semuanya dapat berjalan dengan baik dan lancar. Hindari untuk melakukan kesalahan yang tidak perlu, terutama terkait dengan pekerjaan Anda. Beradaptasi mungkin saja bukan pekerjaan yang mudah bagi semua orang, namun pahamilah dengan baik bahwa Anda harus melakukan hal ini dengan sebaik mungkin di tempat kerja yang baru. Keberhasilan Anda beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru, akan sangat membantu Anda untuk bisa mengatasi berbagai kendala di dalam pekerjaan Anda kedepannya. Upayakan untuk selalu beradaptasi dengan cara yang tepat, sehingga proses ini menjadi lebih mudah bagi Anda.
Simak beberapa motivasi serta tips beradaptasi berikut ini, yang dapat Anda terapkan ketika bekerja di sebuah perusahaan yang baru:

1. Selalu Fokus Selama Menjalani Masa Perkenalan (Orientasi)

Minggu pertama bekerja di perusahaan yang baru, Anda tentu akan memiliki agenda perkenalan. Bukan hanya pada rekan kerja atau orang-orang yang Anda temui di tempat tersebut, namun Anda juga akan berkenalan dengan tugas-tugas Anda dan termasuk dengan perusahaan tersebut secara keseluruhan. Manfaatkan waktu baik ini untuk bisa mengenal lingkungan kerja Anda dengan baik, termasuk untuk mengenal perusahaan tersebut secara lebih mendalam. Pastikan Anda selalu siap untuk menjalani hari-hari pertama Anda ini dengan konsentrasi dan kemampuan maksimal, sehingga Anda bisa fokus untuk menjalani masa perkenalan tersebut dengan sebaik mungkin.
 

2. Bersikap Tenang Saat Mempelajari dan Memahami Lingkungan Kerja

Ingin lebih nyaman dan mudah dalam menjalankan berbagai tugas Anda di tempat yang baru? Anda tentu wajib untuk mempelajari dan memahami situasi serta lingkungan kerja Anda yang baru terlebih dahulu. Hal ini sangat penting, namun tidak perlu Anda lakukan dalam porsi yang berlebihan. Mulailah proses ini dengan cara yang wajar, dimana Anda menempatkan diri dalam porsi yang cukup dan tidak begitu berlebihan.

3. Berkomunikasi dengan Volume yang Wajar

Saat Anda mendatangi sebuah lingkungan kerja yang baru dan bertemu dengan orang-orang baru di sana, maka Anda wajib berupaya untuk berkomunikasi dengan sebaik mungkin. Lakukan hal ini dengan baik, agar Anda dan orang-orang yang Anda temui di sana merasa lebih nyaman. Gunakan volume suara yang wajar dan sesuai dengan volume suara yang dipakai di lingkungan kerja Anda, sehingga Anda tidak menjadi merasa seperti seseorang yang asing dan berbeda dengan orang lainnya di sana. Ini akan membuat Anda merasa jauh lebih nyaman, begitu juga dengan orang-orang yang ada di lingkungan kerja Anda.


4. Manfaatkan Waktu yang Tepat untuk Berkenalan dan Menjalin Pertemanan

Jangan menghabiskan waktu kerja Anda untuk mengobrol atau bahkan memperhatikan orang lain secara berlebihan. Anda baru saja bekerja dan Anda harus pintar membaca situasi. Pilih dan manfaatkan waktu yang paling tepat untuk berkenalan atau bahkan menjalin pertemanan, misalnya ketika makan siang.

5. Ramah dan Sopan pada Semua Orang

Tunjukkan kepribadian Anda yang tulus, ramahlah dan bersikap sopan kepada semua orang, sehingga keberadaan Anda mudah diterima di lingkungan kerja yang baru. Tidak perlu takut atau terlalu rendah diri di depan pekerja lainnya yang telah senior, sebab ini justru akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan tidak betah di sana.

6. Tetapkan Kualitas Diri Anda

Jangan jadi seseorang yang biasa-biasa saja, bahkan di tempat kerja yang baru sekalipun. Jadilah sosok yang istimewa dan memiliki sejumlah kualitas tertentu yang menjadi jati diri Anda di tempat kerja tersebut. Tetapkan apa yang akan menjadi sebuah kelebihan di dalam diri Anda sejak awal, sehingga Anda akan dikenal sebagai pribadi tersebut ke depannya. Misalnya: cekatan, teliti atau bahkan pemikir.

7. Buat Diri Anda Nyaman dan Jauh dari Komplain

Mendatangi tempat baru, mungkin saja Anda akan menemukan tempat yang tidak sesuai dengan harapan Anda sejak awal. Namun, selalu hindari untuk mengajukan komplain atas kondisi yang Anda temukan di sana, sebab ini akan membuat Anda terlihat tidak profesional.



Novia Saraswati
AP 201


Sumber : finansialku.com 
 

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar