Bila anda jenuh dalam bekerja. Yuk lakukan hal ini..!!!

shares |

7 Cara Ampuh Mengatasi Kejenuhan di Tempat Kerja


Keseharian yang monoton wajar dapat membuat Anda cepat bosan dan jenuh pada pekerjaan. Hampir semua pegawai pasti pernah merasakan hal yang serupa; kejenuhan yang sangat. Kejenuhan ini dapat disebabkan oleh banyak faktor contohnya waktu kosong yang terlalu banyak karena telah menyelesaikan satu proyek besar, alokasi waktu yang salah, tanggung jawab dan tugas yang tidak berubah, hingga pekerjaan yang terlalu banyak yang membuat sulit fokus.
Kejenuhan dapat mengganggu produktivitas dan efektivitas waktu kerja, selain itu, kejenuhan juga dapat berdampak buruk untuk kelangsungan karir Anda. Tetapi kejenuhan juga dapat dijadikan motivasi. Cobalah 7 alternatif ini untuk menghilangkan kejenuhan Anda di tempat kerja

1. Ketahui Penyebab Kebosanan

Penyebab Kebosanan via fastly.net
Identifikasi apa penyebab kejenuhan dan carilah solusi atas hal tersebut. Jika jenuh karena pekerjaan yang monoton, Anda dapat berkonsultasi dengan atasan agar ditugaskan hal lain atau bertukar tanggung jawab dengan kolega.
Jika bosan karena tanggung jawab yang terlalu banyak, Anda pun dapat berkonsultasi kepada manajer. Bicara dan ceritakan masalah Anda dengan kolega atau atasan. Dengan ini, Anda akan lebih cepat menemukan solusi dan dengan mudah terhindar dari kejenuhan yang terus menerus.

2. Belajar Hal Baru

Mempelajari hal baru merupakan hal yang pasti akan didukung oleh perusahaan Anda. Salah satu contohnya, Anda dapat mengalokasikan 1 – 2 jam waktu luang Anda untuk menggunakan fasilitas pendidikan gratis online yang telah banyak saat ini.
Anda dapat mempelajari berbagai bahasa asing hingga skill baru seperti skill komputer atau skill bisnis manajemen atau accounting. Kemampuan ini akan membantu meningkatkan kualitas pekerjaan Anda, dan menghilangkan kebosanan.

3. Kembangkan Kreatifitas

Kreatifitas via shutterstock.com 
Manfaatkan waktu luang untuk mengembangkan kreativitas, buatlah sesuatu berdasarkan posisi Anda di pekerjaan dan kemampuan. Sebagai contoh, apabila Anda seorang manajer perusahaan, maka Anda dapat bereksperimen membuat susunan alokasi tugas dan tanggung jawab.
Apabila Anda bekerja pada bidang komunikasi, tulislah blog atau bagikanlah informasi terkini melalui sosial media. Membuat sesuatu dapat mengembangkan kerja otak dan kreasi dapat bermanfaat untuk Anda dan perusahaan.

4. Eksplorasi Lingkungan Kerja

Mengenali lingkungan kerja dapat dilakukan dengan berbagai cara; yang pertama adalah dengan berkenalan dengan kolega hingga atasan. Gunakan waktu luang untuk membangun persahabatan antar rekan kerja. Kedua, dapat mengeksplorasi lingkungan kerja dengan mengetahui fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh perusahaan. Ketiga, Anda dapat mengunjungi divisi dan departemen lain untuk mengenal perusahaan lebih dalam. Keuntungannya, Anda dapat mengenal orang baru dan mengetahui hal-hal baru yang dapat membuat lebih betah pada pekerjaan.

5. Berpikir Positif dan Bersyukur

Berpikir Positif dan Bersyukur via mindful.org
Janganlah menganggap jenuh sebagai masalah; tetaplah berpikir positif. Jenuh merupakan hal yang wajar yang akan dialami oleh semua orang khususnya pegawai yang terus bekerja. Berpikirlah positif dan ubahlah kejenuhan menjadi sesuatu yang bermakna.
Bersyukur bahwa banyak orang di luar sana yang mendambakan posisi Anda; pekerjaan yang layak dan penghasilan yang memuaskan. Dengan bersyukur, Anda akan lebih menghargai waktu kerja dan menemukan semangat untuk kembali berusaha.

6. Bersantailah

Memanfaatkan kejenuhan untuk mengistirahatkan otak merupakan hal yang bagus untuk peningkatan produktivitas. Jangan terlalu memikirkan hal tersebut dan bersantailah. Perhatikan sekitar dan anggaplah waktu jenuh sebagai sesuatu yang berharga. Mungkin tiba-tiba teringat hal baru atau menemukan solusi untuk permasalahan pekerjaan.

7. Carilah Pekerjaan Baru

Pekerjaan Baru via asianworldnews.co.uk
Anda telah mencoba cara-cara di atas, dan tetap saja sering mengalami kejenuhan; mungkin itu adalah tanda bahwa Anda sudah harus mencari lingkungan pekerjaan yang baru. Jangan paksa diri Anda untuk terus bertahan pada pekerjaan tersebut. Kejenuhan dapat menurunkan produktivitas, dan karir yang tidak meningkat.

Ubah Kejenuhan Menjadi Motivasi   

Kebosanan bisa terjadi kapanpun, akan tetapi jangan jadikan kebosanan menjadi alasan Anda untuk bermalas-malasan dan menjadi tidak produktif. Gunakan waktu kejenuhan Anda dengan cara yang lebih produktif dengan melakukan hobi Anda, atau mencari hobi baru yang lebih positif.


Nuraini Syahfitri
AP201

Sumber : www.cermati.com

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar