Inilah Tips Cepat Diterima Kerja Hanya dengan 1 Kali Wawancara

shares |

Tips Cepat Diterima Kerja Hanya dengan 1 Kali Wawancara


Mendapat pekerjaan bukan hal yang mudah di zaman sekarang. Kadang-kadang pelamar perlu melakukan beberapa wawancara sebelum akhirnya diterima satu perusahaan. Hal tersebut tentunya menyita waktu dan membuat mental sedikit down. Jika Anda ingin cepat diterima kerja dengan satu kali wawancara, penting untuk serius mempersiapkan diri sebelum bertemu calon atasan. Simaklah 6 tips berikut ini sebelum interview dengan perekrut kerja :

1. Lakukan Riset
 
Agar cepat diterima kerja, hindari asal mengirim lamaran. Melamarlah pada perusahaan yang memang sesuai dengan minat atau kemampuan. Setelah mendapat panggilan wawancara, segera lakukan riset mendalam mengenai perusahaan tersebut. Ini penting dilakukan karena menurut penelitian, 47% manajer akan mengeliminasi pelamar yang tidak punya banyak pengetahuan mengenai perusahaannya. Paling tidak, ketahui apa yang dikerjakan kantor tersebut dan latar belakangnya.

2. Persiapkan Pertanyaan
 
Perekrut atau manajer biasanya menanyakan apakah pelamar ada pertanyaan di akhir sesi wawancara. Agar terlihat antusias dan cepat diterima kerja, sebaiknya Anda menyiapkan beberapa pertanyaan. Tidak perlu yang pertanyaan yang terlalu sulit demi mengambil hati perekrut namun jangan pula yang terlalu dasar. Anda bisa mengajukan pertanyaan mengenai ekspektasi manajer terhadap Anda jika diterima atau pengalaman kerja pewawancara itu sendiri.
 

3. Perbarui Resume
 
Hindari melamar pekerjaan dengan resume yang tidak menarik atau sudah lama tidak diperbarui. Sebelum mengirim, coba cari terlebih dahulu referensi surat lamaran dan CV yang disukai perekrut sekarang ini kemudian coba ikuti. Kemudian pastikan jika dokumen tersebut singkat, informatif, namun berkesan. Berdasarkan riset, CV yang tidak bagus hanya mendapat 25% kesempatan untuk dipanggil interview.

4. Perhatikan Bahasa Tubuh
 
Satu hal yang penting diperhatikan ketika tengah melakukan wawancara kerja adalah menjaga bahasa tubuh. Karena baru sekali bertemu, Anda tentu akan dinilai perekrut atau manajer dari penampilan dan gerak-gerik. Agar cepat diterima kerja, pastikan jika Anda tidak terlihat kurang kompeten atau minder.

Dikatakan jika 38% manajer akan mengeliminasi kandidat yang kurang senyum atau tidak tertarik dalam percakapan saat wawancara. Hindari pula menyilangkan tangan atau membungkuk dan perbanyaklah senyum, agak memajukan tubuh ke arah pewawancara, dan mengangguklah tiga kali.

5. Berbusana Baik
 
Perhatikan pula busana dan riasan karena penampilan adalah komunikasi pertama yang Anda sampaikan sebelum berbicara. Untuk itu, pastikan jika penampilan Anda tidak berkesan negatif bagi pewawancara. Kemudian sesuaikan busana dengan perusahaan yang Anda lamar. Untuk wanita, penting untuk mengaplikasikan makeup namun hindari yang terlalu berlebihan.

6. Belajar Negosiasi Gaji
 
Biasanya pelamar akan diminta data mengenai kisaran gaji yang diinginkan. Karenanya, penting untuk mengetahui berapa 'harga' Anda sebenarnya. Sesuaikan kemampuan, pengalaman, atau pendidikan dengan gaji yang diterima pekerja setingkat Anda. Kemudian taruh gaji yang diinginkan di awal jangkauan penghasilan yang diinginkan. Misalnya Anda ingin gaji Rp 3 juta, lontarkan jika Anda ingin gaji Rp 3 juta sampai Rp 4 juta. 

 

Destya Rahmaning Tias
AP201

Sumber : https://wolipop.detik.com

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar