Jangan Jadi Mahasiswa Abadi! Motivasilah Dirimu Sama 5 Hal ini

shares |


Jangan Jadi Mahasiswa Abadi! Motivasilah Dirimu Sama 5 Hal ini:)


Setiap mahasiswa pasti ingin segera lulus kuliah atau wisuda. Pada umumnya mahasiswa ingin segera mengakhiri masa kuliah tepat waktu, bahkan kalau bisa lebih cepat. Namun ada beberapa mahasiswa yang berpikiran untuk menunda kelulusan karena kesibukan lain, atau malah sibuk main-main.
Apalagi sekarang terdapat peraturan pembatasan masa kuliah untuk S1 yaitu 10 semester atau 5 tahun saja. Nah, gak mau usaha kita selama kuliah sia-sia karena harus drop out, kan?

Oleh sebab itu, guys. Berikut ada beberapa motivasi khususnya bagi mahasiswa akhir atau mahasiswa abadi yang gak lulus-lulus, agar cepat menyelesaikan masa studi di bangku kuliah.

1. Uang kuliah itu mahal


Biaya kuliah zaman sekarang itu tidak murah. Bagi mahasiswa yang tidak lulus tepat waktu, pasti harus menambah semester dan otomatis harus membayar uang kuliah lagi. Kalau membayar dengan uang sendiri sih tidak masalah.

Tetapi kalau masih mengandalkan uang dari orangtua. Sampai kapan mau menambah beban orangtua? Semakin kalian gak lulus-lulus, semakin banyak uang yang akan keluar.

2. Ada calon yang menanti


Menikah merupakan keinginan semua orang, apalagi sudah siap baik fisik dan mental. Banyak mahasiswa yang menikah muda selagi masih kuliah. Tapi banyak pula yang menginginkan menikah setelah lepas dari status mahasiswa.

Apalagi kalau calon mertua gak merestui sebelum menyandang gelar sarjana. Wah, perlu cepat-cepat wisuda nih. Jadi, jangan sampai membuat calonmu menunggu kamu lulus terlalu lama ya.

3. Kamu kebanggaan orangtua



Bagi orangtua, pendidikan anak adalah nomor satu. Mereka bekerja siang malam agar anaknya mendapat pendidikan yang terbaik. Mereka berharap dengan memberikan pendidikan terbaik, maka masa depan anak akan lebih baik.

Apakah kalian tahu seberapa bangga dan senangnya orangtua jika mendengar anaknya menjadi mahasiswa, apalagi di universitas favorit. Saat kalian mendapat lulus dengan nilai yang memuaskan, orangtua pasti akan bahagia dan bangga.

4. Harus segera cari pekerjaan


Mencari pekerjaan pada zaman sekarang juga sangat sulit, apalagi bagi lulusan sekolah menengah. Karena itu, tujuan kuliah adalah untuk mempermudah kita mencari pekerjaan. Bahkan dengan status sarjana saja banyak yang masih kesulitan mendapat pekerjaan.

Bagi kalian mahasiswa akhir apalagi mahasiswa abadi, sudah sewaktunya terjun ke dunia kerja. Sudah waktunya kalian menerapkan ilmu dan pengalaman yang sudah didapat dari bangku kuliah.

Ingat sama usia. Semakin lama lulus, maka semakin banyak pula fresh graduate yang lebih muda yang ikut bersaing di dunia kerja.

5. Ingat perjuangan semasa kuliah



Ingat-ingat lagi, sebenarnya apa alasan kalian kuliah? Disuruh orangtua, ingin mendapat ilmu dan pengalaman baru, ingin mudah cari kerja atau cuma ikut-ikut teman? Apapun alasan itu, pasti sebenarnya terselip tujuan besar kalian menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Setelah bertahun-tahun kuliah, pasti sudah banyak perjuangan dan pengorbanan yang sudah kalian tempuh. Setiap hari harus mengikuti kelas, mengerjakan tugas segunung, diomeli dosen, magang, dan KKN. Tidak sedikit tenaga, pikiran dan dana yang telah kalian keluarkan sampai saat ini.

Jadi bagi kalian yang belum juga lulus, maka mari ingat lagi perjuangan yang sudah ditempuh. Jangan menyerah untuk menyelesaikan apa yang telah kalian mulai. Banyak pihak yang menunggu kabar kelulusan kalian, oranngtua, teman, pasangan, orangtua pasangan, penyedia pekerjaan. 

Ayo semangat menuntaskan program pendidikan, masa depan kalian sudah menanti.




Destya Rahmaning Tias
AP201


Sumber : https://life.idntimes.com

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar