Karir yang Lebih Baik

shares |

Terlepas dari sebuah kenyataan bahwa kebiasaan orang tua yang sedikit menekan anak-anaknya untuk mendapatkan nilai yang besar dalam setiap pelajaran yang dipelajari sang anak, juga memberikan guru privat terbaik hanya untuk sang anak agar memperoleh nilai yang tinggi. Setelah beberapa tahun berlalu anak menjadi tumbuh dewasa dan mulai mencari pekerjaan yang menurut orang tuanya cocok dengan bidang keilmuan sang anak. Hal ini memang normal terjadi, namun tampaknya tidak bisa menumbuhkan Motivasi pada diri sang anak.

Tahukah Anda, bahwa bakat apapun yang Anda miliki, tidak akan menjadi unggul dalam pekerjaannya apabila seseorang bekerja tanpa bersikap yang benar dan selalu menjadi baik dari hari ke hari. Untuk menjadi lebih baik di tiap harinya, tentu diperlukan sebuah motivasi untuk berkembang. Motivasi ini harus muncul dari dalam dirinya secara alami, tanpa paksaan dari pihak mana pun. Biasanya motivasi akan tumbuh karena melihat orang yang mempunyai semangat tinggi, seperti para motivator.
Ada beberapa cara agar Anda dapat memotivasi diri Anda untuk karir yang lebih baik lagi.

Ingatkan diri Anda, Mengapa Anda Melakukan Apa yang Anda Lakukan Saat Ini

Jika Anda merasa memiliki motivasi untuk diri Anda sendiri hanya karena ingatan manis Anda tentang uang yang Anda dapatkan dari pekerjaan Anda, mungkin itu bukan motivasi, tapi itu karena Anda benci dengan pekerjaan Anda. Sebuah study menunjukan, perbandingan orang yang memiliki motivasi untuk bekerja karena reward yang ia dapatkan, dan orang yang memiliki motivasi karena reward, status dan pengakuan).

Hasilnya, 75 % dari orang tersebut memiliki motivasi dalam pekerjaanya karena memang mereka menginginkan reward atau bonus saja dari pekerjaan tersebut. Anda perlu menghindari hal tersebut. tidak sulit memperlihatkan bahwa Anda berharap motivasi diri Anda ini akan terus ada setiap menjalankan pekerjaan.Temukan alasan yang kuat yang membuat anda menjadi termotivasi, jangan hanya sekedar karena Uang.

2. Pertimbangkan Apakah Anda Menikmati Hari Demi Hari Dengan Bekerja Sebelum Anda Resign

Sebelum Anda melamar kembali ke pekerjaan baru Anda, pastikan Anda tidak menjadikan gaji sebagai faktor utama bekerja di perusahaan tersebut. Pikirkan hal lainnya seperti bagaimana Anda akan menikmati pekerjaan baru itu setiap harinya. Terkadang, banyak orang yang berpendidikan tinggi dalam bidang tertentu, namun akhirnya harus bekerja menjadi sales pada sebuah perusahaan. Namun, orang tersebut bertahan karena motivasinya untuk menjalani hidup dari hari ke harinya cukup tinggi.
Untuk memotivasi diri Anda dalam meraih kesuksesan, Anda harus mencoba untuk bersahabat dengan aktivitas pekerjaan Anda seberat apapun. Jangan menjadi seperti guru yang mengajari anak-anak dengan susah payah, hingga terkadang ia sendiri tidak kuat untuk mengatur anak-anak tersebut. Bekerja apapun harus dinikmati.

3. Jangan Biarkan Diri Anda dikuasai oleh Uang

Dalam dunia yang sempurna, setiap orang ingin bebas untuk menentukan passion mereka. Dengan passion yang dimiliki, setidaknya mereka menghasilkan uang dari gaji mereka. Sayangnya, gaji dan uang ini selalu menjadi hal yang seolah-olah segalanya.memang benar, sebagai karyawan, apalagi karyawan yang bekerja di sini maupun di Negara asing, mereka akan mengetahui pertimbangan apa yang mereka harus ambil sebagai keputusan dalam karir mereka. Pertimbangan tersebut adalah masalah uang. jangan menjadikan uang sebagai satu-satunya motivasi dalam diri Anda untuk lebih baik. Atau Anda akan menjadi bergantung pada uang.  

Sebagai perumpamaan, memang jika Anda bekerja di perusahaan yang mampu mengaji Anda dengan nilai yang tinggi, Anda akan berpikir bahwa kehidupan Anda akan lebih baik. Anda bisa membeli apa yang Anda inginkan dengan wujud yang lebih baik lagi. Namun, sekali lagi, jangan menjadikan itu acuan utama Anda, saat bekerja di sebuah perusahaan dengan gaji yang tinggi.
Jangan seperti Mahasiswa atau siswa di sekolah, yang selalu memiliki motivasi untuk mendapatkan nilai yang baik secara terus menerus, walau sebenarnya mereka kurang menyukai mata pelajaran tersebut. yang lebih baik adalah, seiring meningkatnya gaji Anda setiap bulannya, skill yang Anda miliki juga meningkat. Ini bisa dikatakan seimbang, dan akan berbeda rasanya, dibanding hanya ingin nilai uang yang tinggi, lalu Anda berpindah dari satu perusahaan ke perusahan lainya.

4. Bekerja di Kantor Seperti Biasa, dan Mencari Pekerjaan Sampingan

 Mencari pekerjaan sampingan, bukan saja menjadi pengusaha dengan berjualan sesuatu barang yang dibutuhkan orang lain. Tetapi, ini berkaitan dengan Skill yang terdapat pada diri Anda. Misalnya, Anda bekerja di kantor Anda sebagai Ahli desain dan marketing, sementara itu, di luar sana, ada sebuah perusahaan yang membutuhkan orang seperti Anda, namun tidak untuk dijadikan pegawai tetap. Jika memang Anda memiliki waktu, Anda bisa bekerja di dua tempat ini. Dengan begitu, keahlian dan portfolio Anda akan bertambah. Bukankah ini juga yang dapat meningkatkan level skill Anda, paling tidak dari tingkat Junior menjadi Senior.

Sumber : www.cermati.com

Indira Larasati

AP 202




Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar