Kekuatan Sebuah Kerja Sama Tim

shares |



Dua orang pria yang tinggal di pinggir sebuah hutan berniat untuk membangun rumah. Masing-masing dari pria tersebut bekerja seorang diri, membangun rumah masing-masing tanpa bantuan orang lain. Hingga berbulan-bulan, tidak ada satupun di antara mereka yang berhasil merampungkan rumah tersebut, mereka hanya kuat mengangkut batu-batuan sungai kecil dan diletakkan begitu saja di pinggir hutan. Sebenarnya mereka membutuhkan batu yang lebih kuat sebagai pondasi rumah, tetapi tak ada satupun  dari mereka yang kuat membawa batu besar tersebut.

Setelah dua pria yang tak saling membantu tersebut hampir putus asa, datang seorang pemburu yang berteduh tak jauh dari tumpukan batu-batu sungai di pinggir hutan.

"Hai kalian berdua," sapa pemburu itu pada dua pria, "Kenapa kalian mengumpulkan banyak batu di pinggir hutan?"

Kedua pria yang selama berbulan-bulan tidak pernah saling menyapa tersebut menjelaskan bahwa masing-masing dari mereka berniat membangun sebuah rumah. Nyatanya, kemampuan mereka tak cukup untuk mengangkat batu-batu sungai yang cukup besar.

Sang pemburu menggelengkan kepala prihatin, lalu mengatakan, "Kenapa kalian tidak saling bekerja sama? Percayalah, hal itu akan meringankan kerja kalian. Jika masing-masing dari kalian hanya mampu mengangkat batu sungai seberat 20 kg, tetapi dengan kerjasama dari kalian berdua, kalian  bisa mengangkat lebih dari 50 kg,"

Kedua pria yang sama-sama membangun rumah saling berpandangan, ide tersebut tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Akhirnya kedua pria tersebut saling bekerja sama membangun dua rumah yang berbeda. Dan benar apa yang dikatakan oleh pemburu itu, mereka bisa mengangkat batu yang beratnya berkali-kali lipat kemampuan mereka. Dengan kerjasama yang baik dan kemauan untuk saling mendengarkan ide masing-masing, kedua pria tersebut berhasil menyelesaikan pembangunan rumah kecil dalam kurun waktu kurang dari setahun.

Sahabat, jangan remehkan kehebatan kerjasama tim. Dengan kemauan untuk saling mendengar, saling berbagi ide dan dengan komando yang tepat, ada banyak hal yang bisa terselesaikan dengan kerjasama. Jadi jangan menolak bila Anda terlibat dalam kerjasama yang melibatkan tim, sebuah pekerjaan bisa terselesaikan dan Anda bisa belajar untuk menghadapi banyak ide dari kepala yang berbeda.



Sumber: www.vemale.com

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar