Sukses Di usia Muda Siapa Takut..!!!

shares |



1. Memiliki Impian untuk Sukses
Hal paling pertama jika Anda ingin menjadi orang sukses adalah keberanian untuk bermimpi besar. Bermimpilah sebanyak banyaknya tentang keinginan Anda. Tuliskan impian- impian itu pada kertas dan tempelkan pada dindin kamar Anda, agar Anda tidak lupa dengan impian tersebut. Jangan malu apabila orang lain mengejek hal tersebut. Jaga semangat dan motivasi Anda untuk menggapai mimpi tersebut
2. Yakinlah bahwa Anda Bisa
Anda perlu niat dan keyakinan pada diri sendiri bahwa Anda bisa menggapai mimpi tersebut. Tanamkan pada pikiran Anda bahwa Anda pasti bisa sukses. Seringlah berbicara pada diri Anda sendiri dan menyemangati diri sendiri bahwa Anda pasti bisa. Anda juga bisa mencoba bercermin dan meihat diri Anda sendiri, lalu tataplah dengan penuh keyakinan dan berkata Anda bisa
3. Tetapkan Sasaran
Setelah meyakinkan diri, saatnya Anda untuk menetapkan sasaran. Dari banyak mimpi- mimpi yang sudah Anda tuliskan, pilihlah yang ingin Anda capai terlebih dahulu, buatlah prioritas. Pilih prioritas utama yang ingin Anda capai, buat sasaran yang bisa diukur, spesifik dan bisa dicapai. Jangan sampai memiliki mimpi yang tidak bisa dipastikan ketercapaiannya atau terlalu tidak mungkin.
4. Memiliki Tekad yang Kuat
Tekad merupakan modal utama untuk menjadi orang sukses. Tekad yang dimiliki harus konsisten dan terus membara sampai mimpi menjadi orang sukses bisa terpenuhi. Seseorang dengan tekad yang kuat dan semangat yang membara, akan memperoleh ketercapaian sukses yang lebih cepat.
5. Memiliki Kualitas Diri
Kesuksesan juga akan bisa dicapai jika dibarengi dengan kualitas diri yang baik. Anda harus bisa menelaah untuk mencapai kesuksesan seperti mimpi Anda, kemampuan apa yang harus anda miliki. Misalnya : Anda ingin menjadi wirausaha sukses, berarti Anda memerlukan ilmu perekonomian yang baik. Tingkatkan kemampuan Anda yang mendukung impian tersebut.
6. Buat Rencana Tindakan
Langkah selanjutnya adalah membuat rencana tindakan. Membuat rencana tindakan akan memperjelas sasaran yang ingin Anda raih. Bagaimana caranya? Anda bisa membuat timeline dengan batas tanggal pelaksanaan rencana. Tuliskan step by step rencana yang harus dicapai beserta tanggal pencapaian tersebut harus dilaksanakan atau harus  selesai
7. Tentukan Jangka Waktu Pencapaian
Buatlah deadline atau batas waktu pencapaian. Setiap tujuan dan rencana harus jelas batas waktunya, karena kalau tidak akan terus terhambat dan pencapaian akan semakin lama. Apabila proses pencapaian terlalu lama, maka akan berpengaruh pada faktor- faktor lain yang nantinya beresiko kegagalan atas pencapaian.
8. Bertindak
Bertindaklah atasa semua yang sudah Anda impikan dan rencanakan. Jangan hanya bermimpi tanpa bertindak atau impian itu hanya akan jadi omong kosong. Ada kalanya rasa malas itu muncul, namun Anda perlu terus membakar semangat Anda untuk bisa mengalahkannya. Ingat kembali tentang semua tujuan dan impian Anda. Tidak ada hal mudah untuk mencapai kesuksesan, semua butuh kerja keras. Masukkan rencana tindakan Anda pada to-do list, dan lakukan.

9. Memiliki Keberanian
Orang- orang sukses perlu keberanian tinggi untuk membuat inovasi- inovasi baru yang berbeda. Keberanian pun dimulai dari keberanian Anda untuk bermimpi besar menjadi orang sukses. Keberanian bisa dilatih, dan ditingkatkan seiring waktu.
10. Suka Berinvestasi
Apabila Anda menginginkan kesuksesan secara finansial, maka Anda perlu ketrampilan dalam berinvestasi. Disertai dengan keberanian, Anda harus mulai belajar untuk berinvestasi dan belajar bagaimana cara mengendalikan investasi Anda pada orang – orang yang sudah berpengalaman.
11. Memiliki banyak Jaringan Bisnis
Sukses di usia muda memang tidak mudah. Anda perlu melatih skil berkomunikasi dan sosialisasi Anda agar bisa mendapatkan banyak informasi dan jaringan bisnis yang bagus. Hal tersebut bisa Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis ataupun perluasan bisnis yang Anda rintis.
12. Mengkaji Ulang
Kaji ulang terhadap langkah- langkah yang sudah Anda lakukan. Apakah Anda sudah pada jalan yang sesuai dengan perencanaan ataukah ada kendala yang membuat Anda terhenti. Mengkaji ulang terhadap langkah menuju sukses perlu dilakukan terus menerus setelah apa yang Anda kerjakan.
13. Banyak Bergaul dengan Orang Sukses
Memiliki banyak teman pergaulan yang sukses akan membuat Anda menjadi salah satu dari mereka. Hal in ijuga akan meningkatkan semangat Anda untuk bisa menjadi orang sukses seperti mereka. Orang -orang sukses disekeliling Anda juga akan memberikan peluang sukses yang lebih besar.
14. Menindaklanjuti
Apabila ada kendala atau masalah ketika Anda sudah berproses, carilah jalan keluarnya. Minta bantuan kepada orang lain jika dirasa kendala tersebut terlalu besar. Jangan menghindar, karena setiap perjalanan kesuksesan pasti akan menemui banyak kendala. Selesaikanlah dengan baik dan meminimalisisir kerugian pribadi.
15. Evaluasi diri
Sering lakukan evaluasi diri. Apakah hal yang Anda lakukan sudah benar, apakah sudah sesuai, apakah cukup baik, atau ada yang perlu diperbaiki lagi. Evaluasi juga membantu Anda mengetahui dan meningkatkan kekurangan- kekurangan Anda.
16. Bersyukur Terhadap Hasil yang Diperoleh
Jangan lupa untuk bersyukur. Apapun yang Anda peroleh dari hasil kerja keras yang Anda lakukan, tetaplah bersyukur. Dengan bersyukur, Anda bisa lebih menikmati proses menuju kesuksesan.
17. Jangan mudah Menyerah
Kunci utama dari kesuksesan adalah jangan mudah menyerah. Sukses bukanlah perjalanan yan gmudah, sehingga Anda harus terus gigih berjuang tanpa putus asa apapun yang terjadi. Bulatkan niat dan tekad untuk tujuan utama Anda dan jangan menyerah terhadap segala kendala yang muncul.
18. Coba dan Coba Lagi
Kegagalan merupakan pintu kesuksesan. Tidak ada kesuksesan tanpa kegagalan. Gagal itu wajar. Anda harus terus mencoba dan mencoba lagi tanpa mengenal kata lelah dan bosan.
19. Bunuh Rasa Malas
Menjadi orang sukses bisa dicapai jika Anda bekerja keras. Bunuh rasa malasmu dan bekerjalah dengan giat. Lakukan aktivitas- aktivitas pendukung impianmu dan hindari terbuangnya waktu yang sia- sia.
20. Berdo’a
Berdo’a mengingatkan kita bahwa kesuksesan tidak mungkin dicapai tanpa ridho dari sang pencipta yang Maha Kuasa. Segala yang kita inginkan dan usahakan diketahui oleh Tuhan. Memintalah pada-Nya jalan menuju kesuksesan yang lapang dan lancar tanpa dibubuhi kendala yang berarti. Berdo’alah agar diberikan kemudahan dalam mencapai mimpi- mimpi Anda dan menjadi orang sukses di dunia dan diakhirat.
20 tips sukses di usia muda diatas, perlu Anda ketahui dan renungkan. Kesuksesan memang tidak mudah diperoleh apalagi di usia muda. Banyak saingan atau orang- orang  disekitar Anda yang mungkin akan menjadikan impian Anda sebagai lelucon. Mereka menganggap hal tersebut tidak mungkin dicapai. Namun jangan menyerah. Buktikan pada mereka bahwa impian- impian Anda memang bisa menjadi nyata. Caranya adalah dengan memiliki semangat yang kuat, bertekat, menjaga diri dan fokus pada tujuan, dan bekerja keras.
Rasa bosan, malas, lelah, dan pesimis mungin saja muncul di tengah perjalanan Anda. Namun semua itu merupakan faktor yang bisa dikendalikan oleh Anda sendiri. Ingatlah kembali mengapa Anda memulai semua mimpi itu, dan tujuan seperti apa yang menjadi tujuan akhir dari mimpi Anda. Bayangkan kenikmatan apabila impian Anda menjadi nyata, dan kembalilah bersemangat. Selamat mencoba dan memulai langkah Anda menjadi orang sukses.


Sumber :://dosenpsikologi.com/tips-sukses-di-usia-muda
Nama : Lidia Kusmiawati
Ap 201

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar