TIPS DAN CARA DALAM MENJALANI KULIAH SAMBIL KERJA

shares |


Tidak semua manusia memiliki latar belakang ekonomi yang mumpuni, untuk meraih mimpi-mimpi terhalang karena masalah ekonomi termasuk didalamnya dalam hal meraih jenjang pendidikan. Bagi kalangan yang memiliki keluarga berasal kalangan yang perekonomiannya baik mungkin bukanlah hal yang sulit untuk membiyayai sekolah atau kuliah anak-anaknya. Namun sebaliknya bagi kalangan yang perekonomiannya kurang dari berbagai hal, tidak sedikit yang memupus harapan dan mimpinya walaupun mereka tergolong memiliki otak yang encer/ brilian. 

Namun tidak semua halangan yang ditemui seperti yang diulas diatas menjadi tolak ukur sebuah kegagalan dalam meraih jenjang pendidikan yang lebih baik, karena tidak sedikit yang berhasil dalam melewatinya. Dengan menempuh berbagai macam cara untuk menaklukkan keadaan tersebut. Pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk mengangkat harkat, martabat dan kualitas hidup seseorang. Semakin tingginya tuntutan hidup dan standar pendidikan di banyak negara membuat banyak orang harus menginvestasikan waktunya untuk kuliah dan memperoleh gelar dan keahlian dibidang tertentu. Bagi yang telah bekerja dan ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, kuliah sambil bekerja merupakan pilihan yang tepat untuk dilakukan. Tetapi pada Kenyataanya, tidak sedikit mahasiswa yang menjalani kuliah sambil bekerja tidak bisa mengatur jadwal mereka, sehingga berakibat pada salah satu yang dikorbankan antara pekerjaan atau kuliahnya. Tidak sedikit pula yang telah berhasil yang sukses dengan menjalani kuliah sambil kerja. Beberapa Tips Cara Menjalani Kuliah Sambil Kerja supaya pekerjaan tidak mengganggu jadwal kuliah, sehingga bisa sukses dalam pekerjaan dan sukses dalam menyelesaikan kuliah dengan hasil yang memuaskan. 


Tips Sukses Cara  menjalani antara kuliah dan bekerja :


1. Komitmen serta konsisten.

Harus memiliki komitmen dalam diri, bahwa kuliah tidak akan terbengkalai walaupun sambil bekerja. Serta konsisten untuk selalu teguh dengan pendirian dalam mengejar cita-cita, sehingga lulus kuliah dan tetap menjalani pekerjaan dengan baik.

2. Pilihlah suatu pekerjaan paruh waktu.

Supaya tidak mengganggu jadwal kuliah, maka cobalah untuk mencari pekerjaan paruh waktu, sehingga mudah untuk mengatur waktu jadwal kerjanya Kemungkinan bertabrakan waktu bekerja dan kuliah sangat kecil.

3. Pilih Lokasi Pekerjaan.Carilah pekerjaan yang lokasi tempat kerjanya tidak jauh jaraknya dengan kost-kosan atau wilayahnya tak jauh dengan kampus tempat kuliah, hal tersebut dilakukan sangatlah berguna supaya tidak banyak waktu anda yang terbuang percuma.


4. Manajemen waktu.Aturlah jadwal kuliah, waktu ketika harus mengerjakan tugas-tugas kuliah dan waktu bekerja dengan baik dan teratur. Serta alangkah baik pula atur waktu untuk istirahat Anda, demi kesehatan supaya tetap terjaga, sehingga tidak mengganggu kegiatan.


5. Profesional.Ketika Saat berstatus sebagai seorang mahasiswa, maka pergunakan Hak dan Kewajiban sebagai mahasiswa yang baik sesuai aturan yang berlaku, sehingga ketika ada tugas kuliah, lakukan dengan sebaik-baiknya dan jangan sampai berpengaruh pada kinerja dalam bekerja. Dan sebaliknya, ketika ada masalah didalam pekerjaan, maka jangan libatkan masalah dalam pekerjaan masuk dalam ranah pada saat menjadi seorang mahasiswa. Maka, lakukanlah kedua hal tersebut dengan cara profesional.


6. Cerdas menggunakan waktu luang. Saat jeda waktu antara pulang kerja dan sebelum kuliah, Gunakanlah waktu tersebut untuk membuat tugas dan mempelajari materi-materi pada kuliah. Selain itu jam istirahat di kantor dapat di manfaatkan untuk mengerjakan dan mengangsur tugas yang diberikan dosen agar tidak terlalu dikejar deadline. 


7. Memanfaatkan akhir pekan. Pada akhir pekan merupakan hari yang kosong tanpa bekerja dan kuliah. Manfaatkanlah waktu tersebut untuk belajar dan mengejar ketertinggalan dalam perkuliahan. 


8. Menjalin Hubungan yang baik dengan atasan. Menjalin hubungan yang baik dengan atasan di kantor sangatlah bermanfaat, tidak saja berguna untuk pengembangan karir dan pengalaman, namun juga melancarkan dan mempermudahkan izin yang di butuhkan pada saat harus menghadiri jam kuliah atau ujian yang tidak bisa untuk ditinggalkan. 


9. Hubungan baik dengan rekan kuliah. Selain menjalin hubungan baik dengan atasan, seharusnya bersahabat dengan banyak mahasiswa di kampus, agar berguna dalam mendapatkan informasi kuliah serta meminjam materi perkuliahan dari teman-teman ketika harus berhalangan hadir. 


10. Istirahat yang cukup. Jangan mengesampingkan kesehatan! Kesehatan merupakan suatu hal yang sangat penting, terlebih yang ketika harus membagi waktu untuk kuliah sambil bekerja. Saat tubuh sudah mulai merasa kelelahan, ada baiknya mengambil cuti sekitar 1-2 hari kerja. tak perlu memaksakan diri, ingatlah jika sakit tidak hanya pekerjaan saja yang akan terbengkalai tapi juga kuliah akan ikut menjadi korbannya. 


11. Refreshing. Pada saat tidak ada kelas serta tidak ada pekerjaan hari itu, manfaatkanlah waktu tersebut untuk refreshing dan menyegarkan pikiran kembali. Dapat dipergunakan untuk berlibur, piknik atau sekedar bermalas-malasan dirumah. Pikiran yang lebih segar setelah refreshing akan membuat bekerja lebih produktif dan kuliah lebih semangat. 


12. Pola makan sehat. Karena padatnya Aktifitas karena bekerja sambil  kulia  umsilah suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh. Bagi yang mencoba kuliah dan bekerja dalam waktu bersamaan, efisiensi waktu memang merupakan hal yang paling utama disini supaya aktifitas yang di lakukan tetap berjalan dengan lancar. Untuk menjaga kelancaran kegiatan kuliah dan pekerjaan, terapkanlah tips-tips diatas hingga cita-cita akan tercapai, menamatkan kuliah dan menapak karir secara bersamaan. Semoga berhasil dengan keduanya!



Desti Fani Alaina
Adm. Perkantoran 201

https://coretan-hampa.blogspot.com

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar