YUK MEMOTIVASI DIRI DULU SEBELUM MEMOTIVASI ORANG LAIN.

shares |

Memotivasi diri sendiri berarti mau berdiskusi dan berperilaku terfokus dan terarah. Selain itu, Anda juga harus siap menghadapi tantangan yang menuntut Anda berpikir sebagai pribadi yang tegas dan cerdas agar tidak dimanipulasi dan bersikap positif. Kabar baiknya, ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mulai memotivasi diri sendiri.



1. Membentuk Pola Pikir

 Biasakan berpikir positif. Apa pun akan terasa sulit jika kita memiliki pola pikir yang menghambat diri sendiri, misalnya “Huh, semuanya terasa menjengkelkan, apalagi jika sedang hujan.” Pikiran tersebut membuat kita malas bangun pagi sampai seseorang benar-benar menyeret kita turun dari tempat tidur. Jangan bersikap seperti ini! Berpikir positif adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk menemukan motivasi.

  • Berhentilah berpikir negatif. Jangan diteruskan. Alihkan perhatian ke tempat lain, terutama jika Anda sedang berpikir tentang cara memotivasi diri sendiri! Bertanyalah kepada diri sendiri, apakah pikiran tersebut benar-benar penting. Ini adalah sesuatu yang bisa dan sanggup Anda lakukan. Anda akan terhambat jika memikirkan yang lain, sekalipun hanya untuk mencoba.

 

2. Menciptakan Momentum

 

Berfokuslah pada tujuan akhir yang positif. Biasanya, kita lebih mudah mengenali apa yang tidak kita inginkan, begitu juga dengan hal-hal yang kita takuti. Kita sering kesulitan menentukan apa yang sesungguhnya membuat kita bahagia dan apa yang sedang kita perjuangkan. Bagaimanapun juga, dalam mencapai apa pun, kita harus bisa memulainya dengan memikirkan tujuan akhir yang positif, bukannya ketakutan yang negatif. Alih-alih mengatakan “Aku tidak mau menjadi orang miskin,” tentukan tujuan yang lebih baik, misalnya “Aku ingin menabung sekian rupiah setiap bulan.” Selain lebih mudah, tujuan kedua tidak terasa menakutkan!
  • Bersikap positif bukan berarti harus menjadi yang terbaik, tetapi cukup dengan mengafirmasikan apa yang mampu Anda lakukan. Keinginan “tidak gemuk” bisa menghilangkan motivasi, tetapi “menurunkan berat badan 3 kg dengan berdiet dan berolahraga” tidak membuat wajah Anda cemberut, meskipun hanya baru memikirkannya.

3. Mempertahankan Motivasi

Kelilingi diri Anda dengan motivator. Sejujurnya, kita membutuhkan pengingat agar tetap bertahan. Pengingat bisa orang-orang, benda, atau apa saja yang membuat Anda mampu mempertahankan pola pikir yang benar. Kehilangan keseimbangan dan lupa dengan tujuan adalah hal yang wajar. Motivator eksternal bisa membantu kita agar tetap terfokus dan terarah.
  • Lakukan hal-hal kecil yang bisa membantu mengingatkan Anda. Gantilah latar belakang layar desktop Anda, pasanglah catatan kecil di dinding, aturlah pengingat di ponsel. Manfaatkan keriuhan di sekitar dan gunakan untuk kebaikan Anda.
  • Orang lain juga bisa menjadi motivator! Ceritakan kepada orang-orang yang Anda kenal bahwa Anda ingin menurunkan berat badan 3 kg. Mungkin mereka mau menawarkan bantuan sehingga usaha Anda menjadi lebih mudah, selain membuat Anda tetap bertanggung jawab menjalankan rencana.

 TIPS
  • Biasakan berbicara seakan-akan Anda sudah menjadi apa yang Anda inginkan. Alih-alih berkata “Aku ingin menjadi orang yang positif”, lebih baik katakan “Aku adalah orang yang positif.” Speak as though you are already the way you want to be. Do not say "I am becoming positive"; "I am positive" is much better.
  • Afirmasi positif yang terus-menerus diulang bisa membuat Anda lebih kuat. Pilihlah afirmasi yang bisa mengatasi masalah Anda. Jika sedang ketakutan, katakan “Aku aman.” Jika Anda pemalu, katakan “Aku adalah orang yang percaya diri.” Jangan ucapkan kata-kata negatif agar tetap terfokus.
  • Perjalanan mengembangkan potensi diri sangatlah layak Anda lakukan. Selama perjalanan ini, sadar atau tidak, Anda akan membantu banyak orang mengembangkan potensi mereka masing-masing.
  • Walaupun ada rintangan, maju terus. Satu langkah keliru bisa mengacaukan semua langkah benar yang sudah Anda lakukan dan satu langkah benar juga bisa menjadi lompatan besar untuk maju. Inilah kehidupan.
  • Anda akan menginginkan sesuatu yang benar-benar Anda dambakan. Jangan biarkan pikiran negatif menghalangi langkah Anda sebab semua itu hanya sebatas pikiran, tetapi tujuan dan impian Anda tidak terbatas.
  • Tentukan tujuan dan impian Anda dengan jelas sebab inilah yang menjadi sumber motivasi Anda.

Peringatan

  • Jangan khawatir karena memikirkan hal-hal yang bodoh. Sama seperti pikiran negatif yang akan menjadi kebiasaan negatif, pikiran positif akan menjadi kebiasaan positif.
  • Menjadi orang yang bisa memotivasi diri sendiri bukan berarti harus memaksakan diri tersenyum dan selalu ingin menyenangkan orang lain.
  • Jangan menyalahkan diri sendiri jika belum berhasil menerapkan pola memotivasi diri yang baru Anda temukan. Semua akan berjalan baik lagi. Maafkan diri sendiri.
  • Beranikan diri menghadapi rintangan jika Anda merasa benar.
  • Bersikaplah baik kepada diri sendiri.
EMAMAHMUDAH AP201
NS: https://id.wikihow.com/Memotivasi-Diri

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar